Program Muhasabah Yuk Hadirkan senyum pada Momen tahun Ajaran Baru & Program Tahun baru 1446H


 “Program Muhasabah“

Muharam hadir saatnya bahagiakan anak hebat


A.   PENDAHULUAN

 

Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan suci yang tersebut dalam Al-Quran. Yang dimaksud empat bulan haram adalah bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram (tiga bulan ini berurutan), dan Rajab. Pada bulan-bulan ini, masyarakat Arab dilarang berperang Karena disucikannya keempat bulan tersebut. Oleh karena itu, ia juga dinamakan Syahrullah Asham,yang artinya Bulan Allah yang sunyi karena larangan berperang itu. Selain itu, pada bulan Muharram (tanggal 10 Muharram) adalah salah satu malam paling  suci dalam islam. Pada tanggal itu, Allah SWT mengkaruniakan hamba-hamba-Nya yang tercinta dengan karunia dari Samudera Rahmat-Nya yang tak bertepi dan Samudera Kekuatan-Nya yang tak terhingga, untuk menjadikan mereka sebagai orang-orang yang memperoleh kemenangan.

 Peristiwa-peristiwa penting pada tanggal 10 Muharram:

·    Bahtera Nabi Nuh AS mendarat di puncak gunung dan banjir yang melanda umat Nabi Nuh AS berakhir

·         Nabi Ibrahim AS diselamatkan dari api Namrud

·         Nabi Musa AS melewati laut merah dan diselamatkan dari firaun

·         Nabi Yunus AS bin Ilyasa’AS diselamatkan dari perut ikan

·         Nabi Sulaiman AS, Raja Sulaiman AS dianugerahi kerajaan jin dan manusia

·         Nabi Ayub AS disembuhkan dari penyakitnya dan diberikan kesejahteraan lebih dari sebelumnya

·         Nabi ‘Isa AS diangkat ke surga

·     Nabi Muhammad SAW dianugerahi lebih banyak kemuliaan, yaitu surga dibukakan baginya dan bagi seluruh umatnya, beliau diselamatkan dari sukunya, suku Quraisy, kemudian setiap kali umat Muslim jatuh dalam kesulitan, pertolongan dan dukungan Ilahi langsung menyertai mereka dibulan  ini, dan khususnya pada tanggal 10 Muharram.

 Berkaitan dengan kondisi anak-anak yatim/piatu, sebagian besar hidupnya dalam kesusahan dan kekurangan, karena kehilangan tulang punggung pencari nafkah dan figur orang tua dalam hidupnya. Mereka masih banyak yang tidak sanggup dalam menuntut ilmu dan tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Karena itu uluran tangan kita sebagai saudaranya tentu sangatlah berarti, tidak hanya dengan simpati, tapi perlu adanya tindakan nyata dengan memberi bantuan materil berupa harta benda. Walaupun bantuan itu belum cukup memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya, akan tetapi paling tidak dapat memberikan semangat hidup bagi mereka, bahwa kita saudara-saudaranya masih mempunyai kepedulian terhadap mereka.

 Berkaitan dengan Tahun ajaran baru merupakan awal kehidupan baru di sekolah. Berdasarkan kalender pendidikan, tahun ajaran baru selalu dimulai pada bulan Juli. Pada bulan Juli, siswa akan kembali ke sekolah untuk belajar.

 Pada tahun ajaran baru ini, siswa akan naik jenjang. Ada yang naik kelas dan ada juga yang melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi.

Tidak semua siswa semangat atau senang menyambut tahun ajaran baru ini. Hal ini dikarenakan siswa sudah merasa nyaman liburan di rumah bersama keluarga, ataupun bermain dengan teman-teman.

Peran orangtua dalam membangkitkan semangat anak untuk kembali belajar di sekolah sangat diperlukan. Salah satu cara ampuh yang biasanya dilakukan orangtua supaya anaknya kembali semangat belajar di sekolah adalah, melengkapi kebutuhan sekolah anak.

Anak akan lebih semangat masuk sekolah apabila barang-barang yang dibutuhkan sudah lengkap apalagi dengan barang-barang baru.

Maka kami Yayasan GRIYA BINA YAMUTI akan menyelenggarakan kegiatan SEMARAK MUHARRAM 1446 H dengan Doa bersama untuk keselamatan negeri dan pembekalan dalam memasuki tahun ajaran baru, dengan melibatkan anak-anak yatim binaan GRIYA BINA YAMUTI yang tersebar di beberapa daerah di kabupaten sukabumi.

 

A.   DASAR PEMIKIRAN

 

1.    (QS. Al-Ma’un : 1-2) dan (QS. Ad-Dhuha : 9-11) : Menyantuni Anak Yatim dan Fakir Miskin merupakan kewajiban kaum muslimin dan orang yang mengabaikannya dianggap sebagai pendusta agama dan diancam dengan azab neraka

2.    Berkaitan dengan 10 muharram hari asyuro dari Ibnu Abbas R.A, Rasulullah SAW bersabda : “dan barangsiapa yang membelaikan tangannya pada kepala anak yatim di hari Asyuro, maka Allah SWT mengangkat derajat orang tersebut untuk satu helai rambut satu derajat...”Al Hadits

3.       Motivasi semangat Tahun Ajaran Baru anak-anak sekolah

4.       Sebagai salah satu Agenda Program Tahunan GRIYA BINA YAMUTI

 

B.    MAKSUD DAN TUJUAN

 

1.    Meningkatkan iman dan taqwa dengan cara mendekatkan diri (Taqorrub) kepada Alloh SWT serta memupuk ukhuwah islamiyah antara sesama

2.    Menumbuhkan kesadaran diri untuk membelanjakan hartanya di jalan Allah SWT khususnya dengan menyantuni anak yatim/piatu dan dhuafa agar dapat meringankan beban hidupnya, karena di dalam harta kita sebagian ada hak untuk mereka

3.      Dapat membangun kepribadian dan memotivasi adik-adik yatim.

4.      Mempererat persaudaraan sesama muslim saling membantu beramal baik.

5.      Memuliakan anak yatim.

 

 

C.   BENTUK KEGIATAN

1.Sholawat dan doa bersama

2.     2.penampilana anak-anak binaan

3.     3.Santunan Lebaran Yatim.

4.      4.Tausiah

 

D.   WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

 Hari                : Sabtu

Tanggal           : 26 Juli 2024

Waktu             : 09.00 WIB s/d selesai

Tempat            :

-          SEKRETARIAT GRIYA BINA YAMUTI

Jl. Yusup supardi Benteng Kidul Rt 05 Rw 02 Kel.Dayeuh Luhur Kec. Warudoyong Kota Sukabumi

Acara              :

-          Doa Bersama

-          Menyanyikan Indonesia Raya ( Kantor Griya Bina Yamuti )

-          Pentas anak-anak yatim

-          SANTUNAN

Peserta : 117 anak-anak yatim & duafa

 

E.    RENCANA ANGGARAN BIAYA

 

NO

KEBUTUHAN

VOLUME

SATUAN RP

TOTAL RP

A

KESEKRETARIATAN

 

 

 

 

Proposal, bundel

 

 

600.000

 

ACARA SANTUNAN

 

 

 

 

Uang Tunai

117 anak

 50.000

 5.000.000

 

PAKET bingkisan

117 anak

100.000

 11.700.000

C

KONSUMSI

 

 

 

 

Makan & snack untuk yatim

117 anak

25.000

2.925.000

 

 

 

 

 

D

PUBLIKASI DAN DOKUMENTASI

 

 

750.000

E

TRANSPORTASI & AKOMODASI

 

 

1.500.000

TOTAL KEBUTUHAN

23.575.000

 

TERBILANG : Dua Puluh Tiga Juta Lima Ratus Tujuh Puluh lima Ribu Rupiah

 NOMOR REKENING :

BSI  : 2217081947

a/n YAYASAN GRIYA BINA YAMUTI






Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...