AYAT AL-QUR'AN & HADIST TENTANG CINTA DUNIA UNTUK DIRENUNGKAN



Cinta dunia dalam Bahasa Arab disebut sebagai hubbud dunya, artinya adalah rasa cinta berlebihan terhadap dunia sehingga membuat terlena dan melupakan Allah Swt.


Orang yang cinta dunia biasanya gemar melakukan sesuatu hal yang kurang bermanfaat untuk kepentingan akhirat. Di dalam pikiran orang-orang yang hubbud dunya hanyalah dunia dan dunia, mereka lupa bahwa suatu saat akan mati dan menghadapi negeri akhirat yang abadi.


Bahaya Cinta Dunia



Siapa yang begitu gila dengan dunianya, maka itu akan memudaratkan akhiratnya. Siapa yang begitu cinta akhiratnya, maka itu akan mengurangi kecintaannya pada dunia. Dahulukanlah negeri yang akan kekal abadi (akhirat) dari negeri yang akan fana (dunia).”

 (HR. Ahmad, 4:412. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan lighairihi.)


Sehingga tak heran jika cinta dunia merupakan penyakit hati yang sangat berbahaya karena bisa menggoyahkan keimanan akibat terlena harta benda duniawi yang melenakan dan membuai. Orang yang cinta dunia pun takut akan kematian. Sehingga mereka pun mengidap penyakit wahn (cinta dunia dan takut mati).


Rasulullah saw. juga memperingatkan perihal cinta dunia ini dalam sabdanya, “Cinta kepada dunia adalah pangkal semua kesalahan." (H.R. Baihaqi dari Imam Hasan Al-Bashri).


Rasulullah saw. juga mengingatkan bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara. “Apalah artinya dunia ini bagiku? Apa urusanku dengan dunia? Sesungguhnya perumpamaanku dan perumpamaan dunia ini ialah seperti pengendara yang berteduh di bawah pohon, ia istirahat (sesaat) kemudian meninggalkannya.” (H.R. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Al-Hakim).



Dari Tsauban, ia berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “’Hampir saja para umat (yang kafir dan sesat, pen) mengerumuni kalian dari berbagai penjuru, sebagaimana mereka berkumpul menghadapi makanan dalam piring’ Kemudian seseorang bertanya,’Katakanlah wahai Rasulullah, apakah kami pada saat itu sedikit?’ Rasulullah berkata, ‘Bahkan kalian pada saat itu banyak. Akan tetapi kalian bagai sampah yang dibawa oleh air hujan. Allah akan menghilangkan rasa takut pada hati musuh kalian dan akan menimpakan dalam hati kalian ’Wahn’. Kemudian seseorang bertanya, ‘Apa itu ’wahn’?’ Rasulullah berkata,’Cinta dunia dan takut mati.’” (H.R. Abu Daud dan Ahmad).


Maka, berhati-hatilah dengan penyakit hubbud dunya karena sangat buruk akibatnya.


“Barangsiapa tujuan hidupnya adalah dunia, maka Allah akan mencerai-beraikan urusannya, menjadikan kefakiran di kedua pelupuk matanya,dan ia mendapat dunia menurut apa yang telah ditetapkan baginya. Dan barangsiapa yang niat (tujuan) hidupnya adalah negeri akhirat, Allah akan mengumpulkan urusannya, menjadikan kekayaan di hatinya, dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan hina.” (H.R. Ahmad, Ibnu Hibban, dan Ibnu Majah).


Ayat Al-Qur’an Tentang Cinta Dunia


Selain dalam hadis Rasulullah saw., perihal hubbud dunya ini diabadikan dalam beberapa firman-Nya dalam Al-Qur’an berikut ini:


1. Surah Al-Ankabut Ayat 64


"Kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah senda gurau dan permainan. Sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya seandainya mereka mengetahui."


2. Surah Al-Hijr Ayat 3


“Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong) mereka, kelak mereka akan mengetahui (akibat perbuatannya).”


3. Surah Al-Haqqah Ayat 25-29


“Dan adapun orang yang kitabnya diberikan di tangan kirinya, maka dia berkata, ‘Alangkah baiknya jika kitabku (ini) tidak diberikan kepadaku. Sehingga aku tidak mengetahui bagaimana perhitunganku, Wahai, kiranya (kematian) itulah yang menyudahi segala sesuatu. Hartaku sama sekali tidak berguna bagiku. Kekuasaanku telah hilang dariku.’”



4. Surah Al-Munafiqun Ayat 9


“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah harta bendamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Dan barang siapa berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.”


5. Surah Al-Hadid Ayat 20


“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yangt tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.”


Yayasan griya bina yamuti merupakan lembaga sosial keagamaan milik masyarakat Indonesia yang berada dikota Sukabumi. Sahabat bisa menitipkan donasi, infak, dan sedekahnya untuk pembinaan anak-anak yatim serta dhuafa dan biaya operasional yayasan.


Rekening sedekah terbaiknya :

BSI : 2217081947

an Yayasan Griya Bina Yamuti


Konfirmasi : +62 831-6486-3628 / +62 858-8573-6897


Lihat Cuplikan kegiatan jumat berkah



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...