AYAT-AYAT AL-QUR'AN YANG MENJELASKAN SEPUTAR KURBAN


 AYAT-AYAT AL-QUR'AN YANG MENJELASKAN SEPUTAR KURBAN

Berkurban adalah salah satu sunah muakkad yang dianjurkan untuk dikerjakan bagi umat Islam yang mampu secara harta. Ibadah yang ditandai dengan penyembelihan hewan kurban berupa unta, sapi, kambing, atau domba ini dilaksanakan tiap tanggal 10 Zulhijah atau pada hari Tasyrik (11, 12, dan 13 Zulhijah).

Ibadah kurban sendiri memang memiliki riwayat sejarah yang panjang. Awal mula hadirnya ibadah ini adalah dari Nabi Ibrahim a.s. yang diperintahkan oleh Allah Swt. untuk menyembelih putra kesayangannya Ismail. Karena ketaatan dan keikhlasan dari Nabi Ibrahim a.s., Allah Swt. pun mengganti tubuh Ismail dengan seekor kambing yang gemuk dan sehat. Beginilah awal mula sejarah dari ibadah kurban.

Ayat Al-Qur’an Tentang Kurban

Banyak dalil Al-Qur’an yang membahas perihal ibadah kurban. Berikut diantaranya:

1. Surah Al-Kautsar Ayat 2

“Maka salatlah engkau karena Tuhanmu dan berkurbanlah.” (Q.S. Al-Kautsar: 2).

2. Surah Al-Hajj Ayat 34

“Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya.” (Q.S. Al-Hajj: 34).


Ikuti saksikan chanel youtube : DOA MENYEMBELIH HEWAN QURBAN


3. Surah Al-Hajj Ayat 28

"Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang diberikan Dia kepada mereka berupa hewan ternak. Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir." (Q.S. Al-Hajj: 28).

4. Surah As-Saffat Ayat 102

"Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, ‘Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!" Dia (Ismail) menjawab, "Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; Insyaallah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar." (Q.S. As-Saffat: 102).

5. Surah Al-Hajj Ayat 36

“Dan unta-unta itu Kami jadikan untukmu bagian dari syiar agama Allah, kamu banyak memperoleh kebaikan padanya. Maka sebutlah nama Allah (ketika kamu akan menyembelihnya) dalam keadaan berdiri (dan kaki-kaki telah terikat). Kemudian apabila telah rebah (mati), maka makanlah sebagiannya dan berilah makan orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami tundukkan (unta-unta itu) untukmu, agar kamu bersyukur.” (Q.S. Al-Hajj: 36).

7. Surah Al-An’am Ayat 162

“Katakanlah (wahai Muhammad): Sesungguhnya shalatku, nusuk/ibadah kurbanku, hidup dan matiku hanya untuk Allah Rabb semesta alam.  Tidak ada sekutu bagi-Nya, aku diperintahkan seperti itu dan aku adalah orang yang pertama kali berserah diri.” (Q.S. Al-An’am: 162).

Itulah beberapa ayat Al-Qur’an yang membahas seputar ibadah kurban. Semoga bisa menambah motivasi untuk menunaikan kurban di tahun ini.


8.Surah As.shafat Ayat 102-108


"Ketika anak itu sampai pada (umur) ia sanggup bekerja bersamanya, ia (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku, sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Pikirkanlah apa pendapatmu?” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku, lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu! Insyaallah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang sabar.”"

QS. As-Saffat[37]:102

فَلَمَّآ اَسْلَمَا وَتَلَّهٗ لِلْجَبِيْنِۚ 


"Ketika keduanya telah berserah diri dan dia (Ibrahim) meletakkan pelipis anaknya di atas gundukan (untuk melaksanakan perintah Allah),"

QS. As-Saffat[37]:103

وَنَادَيْنٰهُ اَنْ يّٰٓاِبْرٰهِيْمُۙ  


"Kami memanggil dia, “Wahai Ibrahim,"

QS. As-Saffat[37]:104

Ayat 105-106 kaji ... sama ayah bunda sahabat...


وَفَدَيْنٰهُ بِذِبْحٍ عَظِيْمٍ


"Kami menebusnya dengan seekor (hewan) sembelihan yang besar."

QS. As-Saffat[37]:107


Yayasan griya bina yamuti selain menerima dan memyalurkan mengelola  infak, sedekah, wakaf dan dana kemanusiaan, juga meneriima dan mendistribusikan daging kurban. Sahabat bisa berkurban bersama Yayasan griya bina yamuti karena berkurban di yayasan griya bina yamuti insya Allah telah sesuai dengan syariat Islam, praktis, mudah, dan lebih bermanfaat bagi ummat.


Rek sedekah, Qurban :

BSI:2217081947

An Yayasan Griya bina yamuti

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...