RAMADAN SANGAT DIANJURKAN MEMPERBANYAK SEDEKAH?

 

DI BULAN RAMADAN SANGAT DIANJURKAN MEMPERBANYAK SEDEKAH?


Ramadan adalah bulan yang penuh kemuliaan. Di bulan ini semua amal ibadah kaum muslimin akan dilipatgandakan pahalanya melebihi bulan-bulan yang lain.


Sayangnya, masih banyak muslim yang hanya mendapatkan lapar dan dahaga semata. Ia menyia-nyiakan Ramadannya dan tidak memaksimalkannya dengan amal kebajikan sebaik mungkin.

Semoga kita semua menjadi muslim yang tidak hanya mendapatkan letih dan capai berpuasa saja dan termasuk orang yang mendapatkan nilai Takwa. Janganlah buat Ramadan kita berlalu begitu saja tanpa mendapatkan ketakwaan dan keridaan dari Allah Swt.


Sebagaimana yang disebutkan oleh Rasulullah saw. dalam hadis hasan sahih yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah berikut ini:

“Berapa banyak orang berpuasa dan ia tak mendapatkan sesuatu dari puasanya kecuali rasa lapar. Dan berapa banyak orang yang mengerjakan salat malam (qiyamul lail), dan ia tak mendapatkan apapun darinya kecuali bergadang semalam suntuk.”


Memperbanyak Sedekah di Bulan Ramadan sangat dianjurkan


Ayah bunda Sahabat, salah satu cara yang bisa kita lakukan agar Ramadan tidak berlalu begitu saja adalah dengan melakukan sedekah.


Memperbanyak sedekah di bulan Ramadan adalah kebiasaan dari Rasulullah saw.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a. ia berkata, “Rasulullah saw. adalah orang yang paling dermawan. Dan ia akan lebih dermawan lagi di bulan Ramadan, ketika Malaikat Jibril menemuinya. Dan Jibril selalui menemuinya setiap malam bulan Ramadan untuk mengajarkan Al-Qur’an. Sungguh, ketika ditemui Jibril, Rasulullah saw. adalah orang yang paling dermawan. Ketika itu, dalam melakukan kebaikan, beliau lebih cepat dari hembusan angin.” (H.R. Bukhari).

Sahabat, teladan terbaik dalam bersedekah adalah Rasulullah saw. Rasul saw. terkenal sebagai sosok yang dermawan. Saat bulan suci Ramadan tiba, maka Sang Nabi akan lebih dermawan lagi. Bahkan, kebaikannya begitu cepat bagaikan hembusan angin. Ini artinya, dalam kesempatan apapun Rasul saw. akan bersedekah.


Rasul saw. bersabda, “Seandainya aku memiliki emas sebanyak bukit Uhud, aku sungguh senang jikalau tidak berlalu lebih dari tiga hari, sedangkan aku masih menyisakan sebagian emas tersebut, kecuali sedikit yang aku sisakan untuk membayar utang.” (H.R. Bukhari).

Dengan memperbanyak sedekah di bulan Ramadan, maka sejatinya kita sedang meneladani kebiasaan Rasulullah saw.


Kita tahu, bahwa Rasul saw. adalah teladan terbaik bagi manusia. Dengan mengikuti kebiasaan memperbanyak sedekah seperti yang dilakukan Rasul saw., mudah-mudahan puasa kita pun tidak berlalu dengan kesia-siaan.

Tak hanya itu, semoga puasa Ramadan kita pun diberkahi oleh Allah Azza wa Jalla dengan limpahan pahala yang berlipat-lipat. Aamiin.


 "Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama? Rasul menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadan.'” (H.R. At-Tirmidzi).


Ayah bunda Sahabat  bisa menitipkan sedekah, infak, atau donasi kemanusiaan. Melalui Rekening

BSI:2217081947 an yayasan griya bina yamuti


Di bulan Ramadan ini, mari memperbanyak bersedekah agar Allah Swt. meridhai dan menjadikan kita muslim yang bertakwa. Yayasan

Griya bina yamuti siap menyalurkan sedekah Ramadan Sahabat kepada mereka yang membutuhkan.

Kluntuk memulai sedekah Ramadan bersama yayasan griya bina yamuti.

 

 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...