Hukum Sholat Sunnah Nisfu Syaban, Sempurnakan Niatnya


 Hukum Sholat Sunnah Nisfu Syaban, Sempurnakan Niatnya

 Sholat Nisfu Syaban dapat dilakukan tepat pada malam ke-15 atau pada tahun ini pada malam hari tanggal 24 Februari 2024. Sholat Nisfu Syaban dapat dilakukan secara berjemaah ataupun sendiri di rumah.

Terdapat amalan sunah yang dianjurkan pada malam Nisfu Syaban, salah satunya sholat Nisfu Syaban. Amalan ini menuai perbedaan pendapat diantara para ulama terkait hukum sholat sunnah Nisfu Syaban. Ada yang mengatakan tidak ada kelebihan untuk dilakukan, ada yang mengatakan dianjurkan untuk dilakukan.

Dihimpun dari Kajian Buya Yahya dari kanal resmi Al-Bahjah TV, bahwa sholat sunnah Nisfu Syaban pernah ditulis oleh Imam Ghazali. Jadi, yang mengamalkan ibadah ini adalah Imam Ghazali. Namun, setelah para ulama seperti Ibnu Hajar al-Khitami meneliti bahwa sholat tersebut tidak ada. Maka bagaimana hukum sholat sunah tersebut? Yuk, simak penjelasan berikut!

Hukum Sholat Nisfu Syaban
Melakukan sholat sunnah Nisfu Syaban boleh dilakukan. Pada dasarnya disepakati untuk menghidupkan malam Nisfu Syaban dengan amalan sunnah termasuk sholat sunnah. Dikutip dari laman NU Online, yang menjadi masalah adalah perbedaan kalangan yang mengatakan sholat sunnah Nisfu Syaban yang 100 dan 14 rakaat, karena dalilnya bermasalah.

Amalan sunnah ada banyak yang bisa dilakukan, seperti beristigfar seperti yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabrani tentang pengampunan dosa pada malam nifsu Sya'ban.

يطلع الله الي جميع خلقه ليلة النصف من الشعبان فيغفر لجميع خلقه الا لمشرك او مشاحن

Artinya, "Allah memandang semua makhluk-Nya pada malam nisfu Sya'ban kemudian mengampuni dosa mereka kecuali dosa musyrik dan dosa kemunafikan yang menyebabkan perpecahan."

Maka hukum sholat sunnah nisfu syaban yaitu sunnah atau dianjurkan dilakukan, bisa diikuti dengan sholat hajat, sholat tahajud, dan sholat witir. Setelah itu bisa berdoa, dengan doa memohon ampun serta mendoakan keluarga hingga saudara-saudara lainnya.

Menyempurnakan Niat Ibadah

Malam Nisfu Syaban yang penuh pengampunan ini bisa melakukan sholat sunnah salah satunya sholat sunnah Nisfu Syaban. Perbedaan pendapat ulama, sehingga para ulama sekarang mengambil jalan tengah dengan sepakat menyempurnakan niat.

Niatkan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT sebanyak-banyaknya. Boleh ditambahkan dengan sholat witir 11 rakaat, sholat sunnah awwabin, sholat hajat, dan sholat malam lainnya. Bisa juga sholat sunnah Nisfu Syaban digabungkan dengan niat sholat sunnah lainnya sebagaimana telah disebutkan dengan catatan ikhlas karena Allah SWT.

Kesimpulannya, hukum sholat sunnah Nisfu Syaban boleh dilakukan dengan menyempurnakan niat memohon pengampunan dan ikhlas karena Allah SWT.


Dikutif dari tulisan Aisyah Luthfi, Media di detikcom.

Baca juga kepada siapa fidyah ?

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...