DOA-DOA PADA ISRA MIRAJ YANG PERLU KITA KETAHUI DAN PANJATKAN

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم  

Dengan nama Allah yang Maha Murah Dan Yang Maha Asih


سُبْحٰنَ الَّذِيْۤ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَـرَا مِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَ قْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَا ۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

"Maha Suci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat."

(QS. Al-Isra' 17: Ayat 1)


Isra Miraj sendiri dapat diartikan sebagai perjalanan satu malam yang dilakukan oleh Rasulullah saw. Rasul Saw. melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian dari Masjidil Aqsa Rasul saw. melakukan perjalanan ke Sidratul Muntaha di langit ketujuh.

Sebagai seorang muslim, kita berkewajiban untuk mengimani peristiwa Isra Miraj. Selain itu, ada hal yang penting bisa kita lakukan dalam menyambut kedatangan Isra Miraj. Pesan perjalanan ini adalah pentingnya Solat, Selain itu memperbanyak zikir, sedekah, salat sunah, berpuasa sunah, dan membaca Al-Qur’an, hal lainnya yang bisa kerjakan adalah berdoa.  


Dalam memperingati Isra Miraj, rupanya ada doa-doa yang bisa kita panjatkan. Doa-doa ini bisa kita panjatkan setelah mendirikan salat atau bisa juga berdoa di waktu-waktu mustajab. Berikut doa-doanya:


1. Doa Agar Disucikan Diri

Allahumma thohhir lisaanii minal kadzibi wa qolbii minan nifaaqi wa ‘amalii minar riyaa-i wa bashorii minal khiyaanati fa innaka ta’lamu khoo-inatal a’yuni wa maa tukhfish shuduuru.

“Ya Allah, sucikanlah lisanku dari dusta, sucikanlah hatiku dari kemunafikan, sucikanlah amalku dari riya, sucikanlah penglihatanku dari khianat, sesunguhnya Engkau mengetahui pengkhianatan mata dan apa yang disembunyikan oleh hati.”


2. Doa Agar Dirahmati dan Dikabulkan Doa-Doa

Allahumma inni as'aluka bi musyahadati asraril muhibban, wa bil khalwatil lata khashshashta biha sayyidal mursalin hina asraita bihi lailatas sabi'i wal 'isyrin an tarhama qalbiyal hazina wa tujiba da'wati ya akramal akramin.

Artinya: “Ya Allah, dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia orang-orang pecinta, dan dengan kemuliaan khalwat (menyendiri) yang hanya Engkau khususkan kepada pimpinan para rasul, ketika Engkau memperjalankannya pada malam 27 Rajab, sungguh aku memohon kepada-Mu agar Kau merahmati hatiku yang sedih dan Kau mengabulkan doa-doaku, wahai Yang Maha Memiliki kedermawanan.”


3. Doa Zikir Memohon Ampunan

Astaghfirullahal ‘adzim alladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih.

Artinya: “Aku meminta ampunan kepada Allah yang Maha Agung yang tidak ada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup dan berdiri sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya.”

Itulah beberapa contoh doa yang bisa kita panjatkan saat Isra Miraj. Semoga bisa menginspirasi dan memotivasi untuk memperbanyak doa disaat Isra Miraj.

Jangan lupa, agar semakin berkah momen Isra Mirajnya tunaikan pula sedekah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Swt. Bapak ibu Sahabat bisa menunaikan sedekahnya melalui rekening  BSI:2217081947 an Yayasan Griya Bina Yamuti.


#IsraMiraj #sedekah

#sedekahsubuh #infak

#donasi #yuksedekah #yatim #dhuafa

#wakafproduktif #wakafpembangunanAsrama

#wakafpembangunanMajlispenghapalQur'an


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...