RESOLUSI TAHUN BARU 2024, DENGAN SEMANGAT BARU: INILAH 5 CARA UNTUK MERAIH MIMPI DI TAHUN YANG BARU!

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗ    اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ ۢبِمَا تَعْمَلُوْنَ 


"Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat). Bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan."

QS. Al-Hasyr[59]:18


Ayah Bunda Sahabat Griya bina yamuti,  tahun baru sudah masuk hari pertama. Banyak orang yang membuat target untuk diwujudkan di tahun depan. Semua itu karena pada dasarnya setiap orang menyukai perubahan. Dan fitrah manusia menginginkan perubahan ke arah yang lebih baik.


Target-target yang dibuat di akhir tahun bukanlah pemanis semata. Tentu harus diupayakan untuk diwujudkan. Jika hanya berdiam diri dan bahkan melupakan target-target tersebut, mana mungkin target yang telah dibuat bisa dicapai?

Agar target-target yang dibuat bisa tercapai, kuncinya adalah tindakan konsisten dan semangat. Jangan letih untuk disiplin dan tekun. Asah terus semangat agar tidak mudah menyerah.


Nah, dalam tulisan ini, redaksi akan memaparkan beberapa cara yang bisa kita lakukan agar target-target bisa tercapai dengan baik. Yuk kita sama-sama perhatikan cara-caranya!


1. Renungkanlah Apa Impian Kita


Sebelum membuat target-target yang mesti diraih di tahun depan, hal pertama yang harus dilakukan adalah merenung. Ya, renungkanlah dulu apa impian yang ingin dilakukan atau dicapai di tahun depan. Jika sudah menikah, bisa juga mendiskusikan perihal mimpi ini dengan pasangan. Apabila telah ditentukan apa saja impiannya, lalu tuliskan secara spesifik agar tidak lupa.


2. Bayangkanlah Impian Kita


" Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa"

Qs 3:133 

(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan,

Qs 3:134


Agar mimpi atau target bisa tercapai, maka visualisasikan dengan baik. Bayangkan jika kita telah mencapai impian tersebut. Bayangkanlah juga setiap detailnya. Misalnya, kami yayasan memiliki mimpi untuk mempunyai Rumah Majlis ke-2 di pelabuhan ratu kab.sukabumi. atau Bayangkan kita bisa kuliah di kampus X jurusan Y. Bayangkan juga pengalaman membuat tesis, menulis jurnal, melakukan presentasi di depan kelas, dan lain sebagainya, atau karir naik.


Dengan membayangkan seperti ini maka hati akan gembira karena seakan-akan impian itu benar-benar terjadi. Visualisasi inilah yang membuat diri semakin semangat untuk meraih target atau impian yang telah dibuat sebelumnya.


3.Buatlah Rencana Tindakan


قَدْ صَدَّقْتَ الرُّؤْيَاۚ  اِنَّا كَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنَ


"sungguh, engkau telah membenarkan mimpi itu." Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat kebaikan."

QS. As-Saffat[37]:105


Mimpi tanpa tindakan hanya akan menjadi angan-angan belaka. Nah, agar hal itu tidak terjadi, maka buatlah rencana tindakannya. Catatlah dengan rinci tindakan apa saja  yang harus dilakukan untuk mencapai mimpi tersebut.

Misalnya,  kami memiliki mimpi untuk membuka Rumah Majlis penghapal Qur'an di Pelabuhan Ratu , , dengan sarana penunjangnya, maka tahap pertama ini akan mencari mempersiapkan lahan serta membuka sedekah , wakaf pengadaan lahan dsb, atau kuliah S2 dengan full beasiswa, maka cara untuk meraihnya bisa dengan belajar TOEFL terlebih dahulu untuk mencapai syarat skor nilai yang dibutuhkan. Lalu, belajar membuat esai, membuat proposal tesis, mencari informasi seputar info beasiswa, dan lain sebagainya. Semakin rinci rencana tindakan yang dibuat, maka akan semakin mudah jalan kita untuk mencapai target tersebut. Atau kami merencanakan lahirnya Rumah majlis penghapal Alquran di pelabuhan ratu, sedang menyusun proposal perencanaan tempatnya dimana, biaya, serta penunjang lainnya.


4. Tetaplah Berpikiran Positif


Kadang kala ada orang yang tidak menyukai impian kita. Mereka bisa mencemooh, menghina, atau mencibir mimpi-mimpi kita. Orang-orang yang ingin mencuri mimpi kita itu bisa datang dari mana saja, bisa dari teman-teman kita, orangtua kita, atau bahkan pasangan kita sendiri.

Jadi, kuncinya adalah tetap berpikiran positif. Milikilah keyakinan untuk mewujudkan impian tersebut dan tutuplah telinga dari pikiran-pikiran buruk yang bisa menghancurkan mimpi-mimpi kita. Tetaplah teguh dengan target-target kita. Jangan goyah karena suara-suara sumbang dari luar sana.


5. Konsistenlah Bertindak


Ingatlah, mimpi bisa tercapai apabila konsisten dilakukan. Jika ada tantangan yang menghadang, maka komitmen dan teguhlah untuk menyelesaikan tantangan tersebut. Percayalah bahwa proses tak akan mengkhianati hasil. Selama kita telah melakukan ikhtiar dengan maksimal dan sebaik mungkin, maka yakinlah bahwa Allah Swt. akan mewujudkan impian-impian kita. Insyaallah.


Ayah bunda Sahabat, itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meraih mimpi dan target-target kita di tahun yang baru. Bagaimana? Semoga bisa menginspirasi dan memotivasi ya. Yuk kita buat dulu mimpi-mimpinya!


Jangan lupa tunaikan sedekahnya, donasinya di Yayasan Griya bina Yamuti ya, Ayah Bunda Sahabat.


Rek BSI : 2217081947

an Yayasan griya bina yamuti


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...