Mutiara Hadis: Hakikat Harta yang Sebenarnya

Kecintaan kepada harta termasuk bagian dari fitrah manusia. Harta, apabila tidak digunakan di jalan Allah maka ia akan menjadi fitnah. Dalam beberapa riwayat Hadis, Rasulullah ﷺ berpesan: "Sesungguhnya setiap umat memiliki ujian dan ujian bagi umatku ialah harta." (HR At-Tirmidzi, Ahmad, Ibnu Hibban dan lainnya) Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq mengemukakan bahwa hakikat harta sejatinya hanya ada tiga.  

Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Baginda Nabi ﷺ: يقول العبد مالي مالي إنما له مِن ماله ثلاثٌ ما أكل فأفنى أو لبس فأبلى أو أعطى فاقتنى وما سوى ذلك فهو ذاهب و تاركه للناس. Artinya: "Manusia selalu mendaku: 'Hartaku! Hartaku!' Padahal harta yang ia miliki itu hanyalah tiga, yaitu: (1) Yang ia makan lalu sirna, (2) Atau yang ia kenakan lalu akan usang, (3) Atau yang ia beri, maka itu yang akan menghasilkan kebaikan. Adapun selain dari itu, maka akan lenyap dan ia tinggalkan untuk orang lain." (HR Muslim) "Harta itu pertanggungjawabannya berat. Halalnya akan hisab, haramnya akan di-adzab," 

Dari titipan harta

Dari Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Nabi ﷺ bersabda yang artinya: "Siapakah di antara kalian yang harta ahli warisnya lebih ia cintai daripada hartanya sendiri? Mereka (para sahabat) menjawab: 'Tidak ada di antara kami kecuali hartanya lebih ia cintai.' Beliau ﷺ bersabda: "Sungguh hartanya adalah apa yang telah ia infakkan dan harta ahli warisnya adalah yang ia tinggalkan (tidak diinfakkan)." 
(HR Al-Bukhari) Semoga Allah menolong kita untuk bisa mengemban amanah harta dengan baik. Menjadi ladang kebaikan yang terus mengalirkan pahala yang tiada terputus hingga hari Kiamat.

dalam kisah qorun yang diabadikan dalam alquran…~Dalam Al Quran terdapat kisah yang menunjukkan bahwa sifat sombong dapat menyebabkan kehancuran. Kisah ini dijabarkan dalam Al-Quran melalui beberapa surat yang menceritakan Qarun. Seorang yang kaya raya, ia hidup pada masa Nabi Musa as.

Dalam surat Al-Qasas ayat 76 diceritakan bahwa Qarun adalah umat Nabi Musa yang dilimpahi harta kekayaan.

"Sesungguhnya Qarun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. Ingatlah ketika kaumnya berkata kepadanya: 'Janganlah kamu terlalu bangga; Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri," (QS. Al-Qasas 76).

Dikutip dari buku Tafsir Ibnu Katsir karya M. Abdul Ghoffar, Qarun disebutkan masih memiliki hubungan kekerabatan dengan Nabi Musa. Awalnya ia dikenal sebagai sosok yang pintar dalam berdagang. Ia juga mendapat julukan 'Munawir' yang artinya bercahaya. Qarun juga dikenal sebagai orang yang memiliki suara merdu kala membaca kitab Taurat.

Mari kita gunakan harta yg kita dpatkn dgn cara yang baik, halal, pergunakan kembali dijalan Allah...agar meringankan hisab dan meraih Ridho Allah Swt...

Salurkan sedekahnya ...salah satunya ke lembaga yayasan griya bina yamuti...
Rekening Yayasan
BSI : 2217081947
An yayasan griya bina yamuti

#GriyabinayamutiPeduli#peduli #penebarkebaikan #peduliyatim #peduliDhuafa #pedulisesama #Sedekah #sedekahyuk #Sedekah#infak #zakat #Sedekahjumat #zakatmal #Donasi #donasionline #yatim #dhuafa#Kebahagiaan #donasipembangunan
Share:

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...