MENGAPA PALESTINA DIBERKAHI ALLAH?

MENGAPA PALESTINA DIBERKAHI ALLAH?

1. Didoakan Secara Khusus Oleh Rasulullah saw.

Salah satu alasan mengapa negeri Syam (salah satunya Palestina) diberkahi oleh Allah Swt. karena didoakan oleh Rasulullah saw. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Ibnu Umar, Rasulullah saw. pernah berdoa meminta keberkahan negeri Syam. "Ya Allah, berikanlah keberkahan bagi kami, negeri Syam dan Yaman."

2. Terdapat Masjid Al-Aqsa

Alasan lainnya mengapa Palestina menjadi negara yang diberkahi Allah Swt. adalah karena di dalamnya terdapat Masjid Al-Aqsa yang menjadi kiblat pertama umat Islam. Seperti kita ketahui, Masjid Al-Aqsa atau Baitul Maqdis adalah salah satu dari tiga masjid yang diberkahi Allah Swt. Dua masjid lainnya yang mulia dan diberkahi Allah Swt. adalah Masjidil Haram di Kota Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah. Mekah dan Madinah pun merupakan kota yang diberkahi Allah Swt. karena memiliki sejarah yang berarti dengan kehidupan Nabi Muhammad saw.

3. Negeri para Nabi

Palestina dan negeri Syam lainnya memiliki ikatan yang kuat dengan para nabi. Di tanah ini rupanya banyak nabi yang lahir, diutus, tinggal, atau singgah dalam berdakwah menegakkan nilai-nilai tauhid. Para nabi yang memiliki ikatan kuat dengan negeri Syam (salah satunya Palestina) yakni: Nabi Ibrahim a.s., Nabi Ismail a.s., Nabi Ishaq a.s., Nabi Musa a.s., Nabi Musa a.s., Nabi Yaqub a.s., Nabi Luth a.s., Nabi Daud a.s, Nabi Sulaiman a.s., hingga kepada Nabi Muhammad saw.

4. Lokasi Padang Mahsyar yang disebutkan Rasulullah saw.

Keberkahan lainnya dari negeri Syam (salah satunya Palestina) adalah kelak di sinilah seluruh manusia sejak Nabi Adam a.s. hingga manusia terakhir di bumi akan dikumpulkan. Artinya, negeri Syam ini akan menjadi Padang Mahsyar bagi umat manusia.

5. Masjid Manakah yang Dibangun Pertama Kali Di Muka Bumi?

Dari Abu Dzar Radhiyallahu 'anhu beliau berkata

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ مَسْجِدٍ وُضِعَ أَوَّلَ قَالَ الْمَسْجِدُ الْحَرَامُ قُلْتُ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ ثُمَّ الْمَسْجِدُ الْأَقْصَى قُلْتُ كَمْ كَانَ بَيْنَهُمَا قَالَ أَرْبَعُونَ ثُمَّ أَيْنَمَا أَدْرَكَتْكَ الصَّلَاةُ بَعْدُ فَصَلِّهِ فَإِنَّ الْفَضْلَ فِيْهِ وَفِيْ رِوَايَةٍ أَيْنَمَا أَدْرَكَتْكَ الصَّلَاةُ فَصَلِّ فَهُوَ مَسْجِدٌ

"Aku bertanya, "Wahai, Rasulullah. Masjid manakah yang pertama kali dibangun?" Beliau menjawab, 'Masjidil Haram". Aku bertanya lagi : Kemudian (masjid) mana?" Beliau menjawab, "Kemudian Masjidil Aqsha". Aku bertanya lagi : "Berapa jarak antara keduanya?" Beliau menjawab, "Empat puluh tahun. Kemudian dimanapun shalat menjumpaimu setelah itu, maka shalatlah, karena keutamaan ada padanya". Dan dalam riwayat lainnya : "Dimanapun shalat menjumpaimu, maka shalatlah, karena ia adalah masjid" [HR Al-Bukhari dan Muslim, dari Abu Dzar

Hal tersebut berdasarkan pada hadis Nabi Muhammad saw. yang berasal dari riwayat Syu'aib Al-Arnaut. Hadits tersebut juga diriwayatkan dari jalur Maimunah. Dalam riwayat hadits itu, Maimunah berkata bahwa ia baru saja melintasi Baitul Maqdis (Masjid Al Aqsa). Lalu Nabi saw. bersabda, "Itu Padang Mahsyar (tempat berkumpul), dan padang Mansyar (tempat menyebar). Datanglah dan salatlah di dalamnya. Sungguh salatnya itu seperti seribu salat di masjid lain."  Berikut beberapa ayat Al-Qur'an yang menyatakan bahwa tanah Palestina adalah tanah yang diberkahi Allah Azza wa Jalla:

''Dan Kami selamatkan Ibrahim dan Luth ke sebuah negeri yang Kami telah memberkahinya untuk sekalian manusia.'' (Q.S. Al Anbiyaa` : 71).

''Dan (telah Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami telah memberkatinya. Dan adalah Kami Maha Mengetahui segala sesuatu.'' (Q.S. Al Anbiyaa` [21]: 81).

 

''Dan Kami jadikan antara mereka dan antara negeri-negeri yang Kami limpahkan berkah kepadanya, beberapa negeri yang berdekatan dan Kami tetapkan antara negeri-negeri itu (jarak-jarak) perjalanan. Berjalanlah kamu di kota-kota itu pada malam dan siang hari dengan aman.'' (Q.S. Saba [34]: 18)

ayah bunda sahabat bisa mendukung Palestina dengan berdoa dan  ikut berdonasi melalui rekening yayasan griya bina yamuti  BSI: 2217 081947, dengan konfirmasi dan husus untuk palestina 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...