Nabi Yusuf AS sumber inspirasi

Nabi Yusuf AS sumber inspirasi


Nabi Yusuf AS selalu menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang. Kisah ini diabadikan dalam surah Yusuf di dalam Al-Quran dan menyajikan sejumlah pelajaran berharga bagi pembaca. Dalam artikel ini, kita akan membahas kisah Nabi Yusuf AS dan apa saja yang bisa kita pelajari dari sebagian sejarah agung ini.


Nama Nabi Yusuf a.s. mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Selain memiliki paras yang rupawan, Nabi Yusuf a.s. pun terkenal sebagai pribadi yang sangat sabar dalam menghadapi berbagai cobaan dalam hidupnya. Karena kesabaran beliau itulah Allah Swt. pun mengabadikan namanya dalam Al-Qur'an surah Yusuf.


Ujian Nabi Yusuf a.s. Saat Kecil


Sahabat, sejak kecil Nabi Yusuf a.s. sudah diuji dengan cobaan yang begitu berat. Kita tahu bahwa Nabi Yusuf a.s. sangat disayangi oleh ayahnya (Nabi Yaqub a.s.). Kasih sayang itulah yang membuat iri saudara-saudara Nabi Yusuf a.s lainnya. Siasat buruk pun dibuat untuk menyingkirkan Yusuf kecil.


Nabi Yusuf lalu dibuang ke dalam sumur oleh saudara-saudaranya. Kemudian saudara-saudara Yusuf kecil berkata kepada Nabi Yaqub a.s. bahwa Yusuf kecil telah wafat diterkam hewan buas. Bukti pakaian dengan noda darah palsu diserahkan kepada sang ayah. Begitu sedihnya Nabi Yaqub a.s. mengetahui kabar kematian putra kesayangannya itu.


Ujian Nabi Yusuf a.s. Saat Dewasa


1. Dijadikan Budak

Tak hanya itu, cobaan Nabi Yusuf a.s. pun ternyata berlanjut. Setelah dibuang ke dalam sumur, ada pedagang yang melintas menemukannya dan menjual Yusuf kecil sebagai budak. Yusuf kecil lalu dibeli dan dipelihara oleh keluarga bangsawan Mesir sebagai budak. Bangsawan Mesir itu bernama Qithfir Al Aziz yang bekerja sebagai perdana menteri di masa Fir'aun.


2. Digoda Wanita Cantik dan Terpandang


Yusuf pun tumbuh semakin dewasa. Pesona ketampanannya pun sungguh luar biasa. Hingga akhirnya istri Qithfir Al Aziz bernama Zulaikha tergoda. Zulaikha memaksa Nabi Yusuf a.s. untuk melakukan hal yang tidak dibenarkan oleh agama. Namun, Nabi Yusuf a.s. menolak hingga bagian belakang pakaiannya robek ditarik Zulaikha.

Suami Zulaikha mengetahui kejadian tersebut dan tidak menghukum Nabi Yusuf a.s. karena kesalahan murni dari istrinya. Nabi Yusuf a.s. dan Zulaikha hanya dipisahkan oleh Qithfir Al Aziz.



3. Dipenjara karena Difitnah

Namun, ujian lainnya pun datang ketika Zulaikha mengajak teman-teman perempuannya ke rumahnya untuk memperlihatkan pesona Nabi Yusuf a.s. Ternyata teman-teman perempuan Zulaikha pun terpana dengan ketampanan Nabi Yusuf a.s. Zulaikha lalu memfitnah Nabi Yusuf a.s. hingga akhirnya dipenjara. Ada yang mengatakan bahwa Nabi Yusuf a.s. dipenjara selama tiga, tujuh, bahkan sepuluh tahun.


4. Cobaan Kesenangan dan Kemewahan


Karena Nabi Yusuf a.s. mampu menafsirkan mimpi raja, akhirnya Nabi Yusuf dikeluarkan dari penjara dan diberikan jabatan sebagai menteri yang bertanggung jawab pada pertanian, perekonomian, dan persediaan pangan seluruh negeri.

Posisi inilah yang menjadi ujian bagi Nabi Yusuf a.s. Ibaratnya jabatan Nabi Yusuf a.s. ini adalah "ladang basah". Apabila tidak ada iman di dalam dada, maka bisa saja Nabi Yusuf a.s. melakukan hal-hal curang. Namun, keimanan Nabi Yusuf a.s. sangatlah kokoh. Godaan harta dan jabatan tidak membuat imannya goyah.


Hikmah Kesabaran Nabi Yusuf a.s.


Sahabat, sesungguhnya Allah Swt. tidak akan menyia-nyiakan pahala orang yang sabar ketika diuji. Kunci keberhasilan Nabi Yusuf a.s. melalui ujian kehidupan adalah keimanan kepada Allah Swt. Keimanan itulah yang membuahkan sikap takwa dan sabar yang tinggi.

Begitu besar dan berat ujian yang dialami Nabi Yusuf a.s., akan tetapi ia bisa melewatinya dengan baik sesuai dengan jalan yang diridai oleh Allah Swt.

Allah Swt. berfirman, "Mereka berkata, 'Apakah engkau benar-benar Yusuf?' Dia (Yusuf) menjawab, 'Aku Yusuf dan ini saudaraku. Sungguh, Allah telah melimpahkan karunia-Nya kepada kami. Sesungguhnya barangsiapa bertakwa dan bersabar, maka sungguh, Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat baik'." (Q.S. Yusuf: 90).



Nabi Yusuf a.s. pun rela bersabar dengan memilih jalan yang sulit dibanding terlena dalam godaan duniawi yang hina.

Kita tahu baawa Nabi Yusuf a.s. lebih memilih dipenjara daripada berzina dengan wanita. Ia pun rela mengorbankan dunianya demi agama, mengorbankan kebebasannya demi menyelamatkan akidah, seraya berucap, "Rabbi, penjara itu lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan daripadaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang bodoh." (Q.S. Yusuf: 33 ).

Karena keimanan Nabi Yusuf a.s. yang begitu terjaga, Allah Swt. pun memberikan dunia kepadanya. Bahkan, akhirnya menjadikan Zulaikha yang dulu mengejar-ngejarnya sebagai istrinya yang halal.


Itulah sekilas perjalanan hidup Nabi Yusuf a.s. yang bisa kita ambil pelajarannya. Semoga kita bisa meneladani keimanan Nabi Yusuf a.s. yang berbuat sabar dan takwa dalam menjalani berbagai ujian kehidupan.


#gbypeduli #pedulisesama #peduliyatim #pedulidhuafa
Share:

Penerima manfaat Beras 5 kg dan uang saku

Salah satu penerima manfaat dari program penerima manfaat beras beserta uang saku.
.
Namanya Khairul Azmi warga Kp. Pangantolan rt. 04/ 01 Desa Parakanlima Kec. Cikembar Kab. Sukabumi, yang sangat ceria dan bercita-cita mulia ingin menjadi pemain sepakbola
.
Khairul azmi kelas 6 berusia 12 tahun yang  keseharian yang dilakukannya selain sekolah adalah membantu meringankan pekerjaan orantuanya. Khairul azmi (24/11/23)

.
Senyum tulusnya menjadi penyemangat kami untuk terus membantu khairul azmi untuk bisa terus mendukung pendidikannya sampai mengabulkan cita-citanya menjadi dokter.
.
Terimakasih sahabat dermawan @yayasan griya bina yamuti,  saya akan terus semangat dalam mengejar cita-citanya, dan semoga Allah balas dengan sebaik-baik balasanya.
.
Salurkan sedekah terbaik sahabat melalui Rekening A.n yayasan griya bina yamuti.
Bisa melalui : Ewallaet dana.
BSI : 2217081947
AN Griyabinayamuti
.
Konfirmamasi
.
#gbypeduli #peduliyatim #pedulidhuafa
#sedekahberas #sedekahpembangunan #sedekah
Share:

Delapan Amalan di hari Jum'at

Hari Jumat dianggap sebagai hari terbaik yang menjadi sayyid (tuan) dari seluruh hari dalam seminggu, bahkan melampaui keistimewaan dua hari raya besar, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Pada hari ini, umat Muslim merayakan keagungan dan keutamaan khusus yang melekat padanya. Sebagai hari yang penuh kemuliaan, Hari Jumat menjadi waktu di mana semua amalan ibadah dan perbuatan baik dilipatgandakan pahalanya, menciptakan momen yang istimewa untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dengan berbagai ibadah dan kebaikan.

Diambil dari berbagai sumber berikut amalan amalan apa saja yang dapat dilakukan pada Hari Jumat sesuai tuntunan Rasulullah SAW :

1. Mandi sebelum jum'at
2. Menggunakan Minyak Wangi
3. Memperbanyak Do'a dan dzikir
4. Menggunakan Pakaian Terbaik
5. Bersegera berangkat Ke Masjid
6. Membaca Surat Al-Kahfi
7.Memperbanyak Shalawat
8. Dilipat gandakan sedekah
 
Share:

Sedekah Beras

Assalamu'alaikum Ayah Bunda sahabat


Alhamdulillah kita sampai pada kamis malam jum'at kembali.

Semoga selalu sehat, berlimpah rizki dan nikmat. Aamiin 

Mohon izin menyampaikan program *Yayasan griya bina yamuti (Gby)* yg akan rutin kami laksanakan, yaitu : *Sedekah Beras untuk 112 yatim dhuafa *, senilai *Rp65.000/5Kg 🌾*.



Mari Ayah Bunda sahabat kiranya berkenan ikut berpartisipasi dlm program ini 🙏🏻


Selain itu Gby juga melaksanakan Kegiatan2 Rutin, seperti:


*1. Pengajian dan Do'a Bersama 💌*


*2. Sedekah Beras*, mulai *Rp.20.000/ , 


*3. Jum'at Berbagi Nasi Box*, senilai *Rp20.000/box 🍱*.


Untuk titipan do'a, silahkan Ayah Bunda sahabat menuliskan :


*Nama :*

*Bin/Binti :*

*Titipan Do'a hajat :


Donasi sedekah terbaik:

*💳BSI : 2217081947*

*💳Ewallet Dana : ...

_an. Yayasan griya bina yamuti_


Bismillah... Allah lancarkan Ayah Bunda dlm menjalankan tugas dan pekerjaannya, diluaskan rizkinya, serta diberikan kemudahan dlm mewujudakan hajat, cita2 dan harapannya. 


Aamiin 🤲🏻🤲🏻



#YGBYPEDULI #peduli #kebahagiaan #peduliyatim #peduliDhuafa #pedulisesama #Sedekah #sedekahyuk #infak #zakat #Sedekahjumat #zakatmal #infak #Donasi #donasiPembangunanAsramaYatim 

#yatim #dhuafa


Informasi:

Youtube:

https://youtu.be/nEocSiPgUPQ?si=75jop1pPYM7Vibih


Ig :

https://www.instagram.com/reel/CzDJtd_xgFo/?igshid=ODhhZWM5NmIwOQ==


Share:

Sikap Rosul Terhadap yang terkena musibah

Sikap Rasulullah saw. Terhadap Orang yang Tertimpa Musibah dan Kesusahan

Tidak ada satu pun manusia di muka bumi ini yang luput dari ujiannya Allah Swt.

Allah Swt. berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 155-157, "Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali). Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk."

Ayah Bunda Sahabat, perlu kita ketahui bahwa Rasulullah saw. merupakan sosok yang sangat memperhatikan umatnya. Ia tidak akan cuek dengan kondisi umatnya. Ia pun sangat peduli dan berusaha untuk membantu serta memotivasi umatnya agar tetap di jalan iman dan takwa.

Inilah hal-hal yang dilakukan Rasul saw. saat menghadapi umatnya yang tengah tertimpa musibah serta kesusahan. Hal-hal ini sebagaimana yang dikutip dari buku Seni Interaksi Rasulullah saw. karya Syekh Shalih Al-Munajjid.

Anas bin Malik r.a. pun pernah meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda, "Besarnya pahala bergantung pada besarnya kesusahan, dan jika Allah mencintai seseorang, Dia akan mengujinya. Sehingga siapa saja yang rela dengan itu, Allah Swt. akan rela kepadanya, dan siapa yang marah dengan itu, Allah Swt. akan marah kepadanya."
 (H.R. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Cara ini pun juga bisa kita contoh apabila menemukan keluarga kita, saudara kita, atau teman kita yang tengah dilanda kesulitan. Berikut penjelasan singkatnya!

1. Rasulullah saw. menyeru agar tetap sabar dan berharap kepada balasan Allah Swt.
2. Rasulullah saw. mengajarkan pahala musibah
3. Rasulullah saw. menjelaskan bahwa musibah adalah pelebur dosa-dosa
4. Rasulullah saw. menghibur dengan kabar gembira berupa surga
5. Rasulullah saw. memotivasi yang sedang diuji untuk menghibur diri
6. Rasulullah saw. melarang marah disertai kebencian dan meratap terhadap ujian hidup yang dialami
7. Rasulullah saw. melarang kehilangan kesabaran terhadap penyakit yang diderita, mengutuk, dan menyumpahi penyakit itu
8. Rasulullah saw. melarang mengharapkan kematian karena penderitaan yang dialaminya
9. Rasulullah saw. tidak mengizinkan orang yang sedang berduka melihat jenazah orang yang dikasihinya. Hal itu dikhawatirkan akan syok atau terjadi hal yang tidak diinginkan karena kondisi jenazah yang tidak utuh
11. Rasulullah saw. ikut mengurusi kebutuhan orang-orang yang terkena musibah atau kesusahan
12. Rasulullah saw. mendorong umatnya untuk peduli terhadap janda dan anak-anak yatim
13. Rasulullah saw. memerintahkan agar bersedekah kepada mereka yang tengah ditimpah musibah
14. Rasulullah saw. mengunjungi orang-orang yang terkena musibah untuk menyatakan belasungkawa

#pedulisesama #peduliyatim #pedulidhuafa
Share:

MENGAPA PALESTINA DIBERKAHI ALLAH?

MENGAPA PALESTINA DIBERKAHI ALLAH?

1. Didoakan Secara Khusus Oleh Rasulullah saw.

Salah satu alasan mengapa negeri Syam (salah satunya Palestina) diberkahi oleh Allah Swt. karena didoakan oleh Rasulullah saw. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Ibnu Umar, Rasulullah saw. pernah berdoa meminta keberkahan negeri Syam. "Ya Allah, berikanlah keberkahan bagi kami, negeri Syam dan Yaman."

2. Terdapat Masjid Al-Aqsa

Alasan lainnya mengapa Palestina menjadi negara yang diberkahi Allah Swt. adalah karena di dalamnya terdapat Masjid Al-Aqsa yang menjadi kiblat pertama umat Islam. Seperti kita ketahui, Masjid Al-Aqsa atau Baitul Maqdis adalah salah satu dari tiga masjid yang diberkahi Allah Swt. Dua masjid lainnya yang mulia dan diberkahi Allah Swt. adalah Masjidil Haram di Kota Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah. Mekah dan Madinah pun merupakan kota yang diberkahi Allah Swt. karena memiliki sejarah yang berarti dengan kehidupan Nabi Muhammad saw.

3. Negeri para Nabi

Palestina dan negeri Syam lainnya memiliki ikatan yang kuat dengan para nabi. Di tanah ini rupanya banyak nabi yang lahir, diutus, tinggal, atau singgah dalam berdakwah menegakkan nilai-nilai tauhid. Para nabi yang memiliki ikatan kuat dengan negeri Syam (salah satunya Palestina) yakni: Nabi Ibrahim a.s., Nabi Ismail a.s., Nabi Ishaq a.s., Nabi Musa a.s., Nabi Musa a.s., Nabi Yaqub a.s., Nabi Luth a.s., Nabi Daud a.s, Nabi Sulaiman a.s., hingga kepada Nabi Muhammad saw.

4. Lokasi Padang Mahsyar yang disebutkan Rasulullah saw.

Keberkahan lainnya dari negeri Syam (salah satunya Palestina) adalah kelak di sinilah seluruh manusia sejak Nabi Adam a.s. hingga manusia terakhir di bumi akan dikumpulkan. Artinya, negeri Syam ini akan menjadi Padang Mahsyar bagi umat manusia.

5. Masjid Manakah yang Dibangun Pertama Kali Di Muka Bumi?

Dari Abu Dzar Radhiyallahu 'anhu beliau berkata

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ مَسْجِدٍ وُضِعَ أَوَّلَ قَالَ الْمَسْجِدُ الْحَرَامُ قُلْتُ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ ثُمَّ الْمَسْجِدُ الْأَقْصَى قُلْتُ كَمْ كَانَ بَيْنَهُمَا قَالَ أَرْبَعُونَ ثُمَّ أَيْنَمَا أَدْرَكَتْكَ الصَّلَاةُ بَعْدُ فَصَلِّهِ فَإِنَّ الْفَضْلَ فِيْهِ وَفِيْ رِوَايَةٍ أَيْنَمَا أَدْرَكَتْكَ الصَّلَاةُ فَصَلِّ فَهُوَ مَسْجِدٌ

"Aku bertanya, "Wahai, Rasulullah. Masjid manakah yang pertama kali dibangun?" Beliau menjawab, 'Masjidil Haram". Aku bertanya lagi : Kemudian (masjid) mana?" Beliau menjawab, "Kemudian Masjidil Aqsha". Aku bertanya lagi : "Berapa jarak antara keduanya?" Beliau menjawab, "Empat puluh tahun. Kemudian dimanapun shalat menjumpaimu setelah itu, maka shalatlah, karena keutamaan ada padanya". Dan dalam riwayat lainnya : "Dimanapun shalat menjumpaimu, maka shalatlah, karena ia adalah masjid" [HR Al-Bukhari dan Muslim, dari Abu Dzar

Hal tersebut berdasarkan pada hadis Nabi Muhammad saw. yang berasal dari riwayat Syu'aib Al-Arnaut. Hadits tersebut juga diriwayatkan dari jalur Maimunah. Dalam riwayat hadits itu, Maimunah berkata bahwa ia baru saja melintasi Baitul Maqdis (Masjid Al Aqsa). Lalu Nabi saw. bersabda, "Itu Padang Mahsyar (tempat berkumpul), dan padang Mansyar (tempat menyebar). Datanglah dan salatlah di dalamnya. Sungguh salatnya itu seperti seribu salat di masjid lain."  Berikut beberapa ayat Al-Qur'an yang menyatakan bahwa tanah Palestina adalah tanah yang diberkahi Allah Azza wa Jalla:

''Dan Kami selamatkan Ibrahim dan Luth ke sebuah negeri yang Kami telah memberkahinya untuk sekalian manusia.'' (Q.S. Al Anbiyaa` : 71).

''Dan (telah Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami telah memberkatinya. Dan adalah Kami Maha Mengetahui segala sesuatu.'' (Q.S. Al Anbiyaa` [21]: 81).

 

''Dan Kami jadikan antara mereka dan antara negeri-negeri yang Kami limpahkan berkah kepadanya, beberapa negeri yang berdekatan dan Kami tetapkan antara negeri-negeri itu (jarak-jarak) perjalanan. Berjalanlah kamu di kota-kota itu pada malam dan siang hari dengan aman.'' (Q.S. Saba [34]: 18)

ayah bunda sahabat bisa mendukung Palestina dengan berdoa dan  ikut berdonasi melalui rekening yayasan griya bina yamuti  BSI: 2217 081947, dengan konfirmasi dan husus untuk palestina 

Share:

Menghadapi Orang Bodoh adalah dengan Cara Diam.

Beredar viral sebuah kisah yang dialami seorang ulama sekaligus sosok yang dijuluki Bapak Kedokteran Dunia, Ibnu Sina. Kisah ini menarik untuk disimak dan diambil pelajarannya.

 

Suatu hari Ibnu Sina melakukan perjalanan dengan kuda kesayangannya. Pada suatu tempat yang dianggap nyaman, ia berhenti beristirahat.

Kuda diikat ditempat yang sedikit teduh. Diberi makan jerami dan dicampur rumput pilihan. Ibnu Sina tahu binatang itu tidak boleh dimusuhi bahkan disiksa. Harus disayang karena membantu manusia.

Ibnu Sina duduk ditempat lebih teduh tak jauh dari kuda, sambil menikmati bekal yang dibawanya.

Tiba-tiba datang seseorang menunggang keledai. Ia turun dan mengikat keledai berdekatan dengan kuda milik Ibnu Sina. Dengan maksud supaya keledainya bisa memakan jerami dan rumput pilihan. Dan orang tersebut pun duduk dengan Ibnu Sina berada.

Ketika ia duduk dan ikut makan, Ibnu Sina mengingatkan, "Keledaimu jauhkan dari Kudaku supaya tidak dislentak/ditendang."

Orang yang diajak bicara itu tersenyum sambil menoleh ke kuda dan keledai.

Namun, plak. Si keledai ditendang kuda hingga terluka cidera.

Pemilik keledai marah-marah kepada Ibnu Sina dan meminta tanggung jawabnya. Ibnu Sina diam saja. Sampai kemudian si pemilik keledai mendatangi hakim dan meminta agar Ibnu Sina membayar atas luka cidera keledainya.

Saat ditanya oleh hakim pun Ibnu Sina terdiam.

Hakim kemudian berkata kepada orang yang mengadu, "Apakah ia bisu…..?"

Orang itu menjawab, "Tidak, tadi dia bicara padaku."

Hakim bertanya lagi, "Apa yang ia katakan…..?"

Orang itu kembali menjawab, "Jangan dekatkan Keledaimu nanti ditendang Kudaku."

Setelah mendengar jawaban itu, sang Hakim tersenyum dan berkata kepada Ibnu Sina, "Anda ternyata pintar. Cukup diam dan kebenaran terungkap."

Sambil tersenyum Ibnu Sina berkata kepada Hakim, "Tidak ada cara lain untuk menghadapi orang bodoh adalah dengan diam. Dan kebenaran akan menunjukkan jalannya sendiri. Itulah kenapa sebabnya kenapa saya memilih diam."

 

Wallahu a'lam bish-shawab.


#GbyPeduli #sedekah #sedekahsubuh #sedekahJum'at #berbagikebahagiaan #tebarmanfaat

Share:

Mensyukuri Hari Senin

Hari Senin seakan menjadi hari yang  begitu Menyibukkan. Bukan karena tanpa sebab, tetapi biasanya di hari Senin ini aktivitas harian mulai normal kembali. Kerja, sekolah, atau kuliah kembali dikerjakan di hari Senin. Setelah sebelumnya merasakan libur akhir pekan di hari Sabtu dan Minggu, kadang kala bagi sebagian orang menghadapi hari Senin itu memang terasa berat.

"Semoga hari Senin ini membawa keberkahan dan kemudahan dalam setiap langkah kita. Seperti sabda Rasulullah SAW, 'Barang siapa bersikap tawakal, niscaya Allah akan mencukupkan baginya.' (HR. At-Tirmidzi) Mari tingkatkan tawakal dan berusaha dengan penuh semangat. Selamat menjalani hari Senin yang penuh berkah!"

Awali hari dengan Senyum dan Berpikiran Positif dan bersyukur 

Awali hari Senin dengan senyum dan pikiran positif, serta bersyukur agar bisa menjalani hari dengan penuh semangat. Hindari over thinking atau memikirkan hal-hal yang buruk karena pikiran itu bisa menggerus mood baik dan malah membuat kita jadi malas menjalani aktivitas.

Barengi Zikir pagi

Zikir pagilah agar diberi keberkahan dan perlindungan oleh Allah Swt. Sahabat bisa berzikir pagi selepas salat Subuh atau saat dalam perjalanan menuju tempat kerja, sekolah, atau tempat kuliah. Dengan berzikir pun kita akan merasa tenteram, semakin mengingat Allah Swt, dan tentunya bernilai pahala.


Hal penting lainnya yang jangan sampai terlewat adalah berdoa sebelum memulai aktivitas. Berdoalah setelah keluar rumah dan naik kendaraan. Awali basmallah agar apa yang kita lakukan bernilai ibadah, penuh berkah, mengundang pahala, dan berbuah keridaan Allah Azza wa Jalla.


Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, "Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan 'bismillahirrahmanir rahiim', amalan tersebut terputus berkahnya." (H.R. Al-Khatib).


Itulah hal yang bisa kita lakukan untuk memulai hari Senin dan hari-hari lainnya. Semoga Allah Swt. melancarkan aktivitas kita dan memberkahinya. Aamiin Yaa Allah Yaa rabbal 'alamin

 

Share:

Selamat Hari Pahlawan

"Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari Jum'at (yakni bila sedekah itu pada hari Jum'at maka pahala berlipat ganda dari lain-lain hari." (HR. Abi Syaibah)

Keutamaan sedekah di hari Jumat, sudah sangat sering kita bahas. Tapi sudahkan kita melakukannya dengan istiqomah?

Ini adalah kesempatan untuk kita semua, meraih berkah dari harta yang kita miliki dengan melaksanakan sedekah. Apalagi kita tunaikan di hari Jumat, berkahnya bisa berkali lipat. InsyaAllah Aamiin.

Jadi tunggu apa lagi? Sedekah terbaiknyq bisa... melalui rek yayasan
Bsi : 2217081947
An griya bina yamitu

Sedekah jumat sekarang... www.griyabinayamuti.or.id
Share:

Sepekan Hanya Sekali, Sedekah Jumat Terbaiknya Tak Tertandingi

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Sepekan Hanya Sekali, Sedekah Jumat Terbaiknya Tak Tertandingi

Dapat reminder lagi, kalau pahala sedekah di hari Jumat, lebih utama daripada sedekah di hari lainnya. Bahkan, matahari yang terbit dan terbenamnya di hari Jumat pun, merasa lebih diutamakan.

Tentu, kita harus lebih bahagia, saat menyambut datangnya hari Jumat yang penuh dengan karunia.

Maka, sedekah jumat yang hanya sepekan sekali ini harus menjadi gaya hidup, bahkan menjadi kebutuhan diri. Jangan sampai kita merugi, karena sedekah jumat berlalu.

Pasang alarm bila perlu. Tunaikan sedekah yang terbaik, ajak sebanyak-banyaknya orang untuk mendapatkan keberkahan yang sama-sama. Semoga dengan istiqomah bersedekah Jumat, Allah pun mengaruniakan kemuliaan kepada kita di dunia dan akhirat. Aamiin.

Yuk, Istiqamah Bersedekah Jumat di griyabinayamuti sedekah

Transfer sedekah: 
BSI  2217 081947
An yayasan griya bina yamuti

#griyabinayamutiPeduli #peduliyatim #peduliDhuafa #pedulisesama
 #sedekah #yukbersedekah #sedekahjumat #jumatberkah #jumatberbagi #jumatbersedekah
#jumatbersolawat

Share:

GEREBEK YATIM NOPEMBER

Alhamdulillah hari ini tg 7 nop 2023, 2 anak penerima manfaat Gerebek telah disalurkan
Pada yang berhak. 

Ananda putri berusia 8 tahun baru duduk kelas 2 SD, serta Ananda Ilham berusia 10 tahun kelas 4 SD , keduanya beralamat di desa satong RT 08 RW 36 DS.sukalarang kec Sukalarang kab.sukabumi. relawan pada saat penyaluran diterima oleh wali-wali Nya.

Teruntai doa untuk ayah bunda sahabat dari mereka, mereka sangat bersyukur dengan program ini.

Semoga harta yang sudah diberikan dapat menjadikan pahala jariyah serta diberikan kesehatan untuk bisa lebih leluasa dan Istiqomah beribadah kepada Allah SWT 

Sedekahmu bantu anda-anda yatim dhuafa binaan griya bina yamuti, salurkan sedekah terbaikmu:
BSI: 2217081947
An yayasan griya bina yamuti 

#gbypeduli #peduliyatimdhuafa
#sedekahyuk #sedekahsubuh #donasi
#sedekahpembangunan #yatim #dhuafa


Share:

Renungan Hari Pahlawan

Ayah bunda  Sahabat Griya Bina Yamuti,  setiap tahunnya kita memperingati Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. 

Nah tahun ini Hari Pahlawan mengusung tema  "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan". 

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pahlawan diartikan sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani. Melihat definisi pahlawan di atas, tentu setiap orang mempunyai persepsi masing-masing tentang apa itu arti pahlawan. Dan setiap orangpun memiliki sosok pahlawannya masing-masing. 

Namun, dalam perspektif Islam, pahlawan dapat dimaknai sebagai orang Islam yang berjuang menegakkan kebenaran demi memperoleh keridhaan Allah semata. Bagi seorang Muslim, ada sosok yang paling layak untuk dijadikan sebagai pahlawan, siapa lagi kalau bukan Nabi Muhammad Shalallahu'alaihi wassalam. Dengan segala perjuangannya, Nabi Muhammad berhasil mensyiarkan agama Islam ke seluruh dunia, sehingga saat ini kita bisa merasakan manisnya nikmat iman dan Islam. Rasulullah adalah pahlawan bagi umat Muslim Jika kepahlawanan diartikan sebagai semangat pengorbanan, maka siapa yang lebih besar pengorbanannya daripada Rasulullah Shalallahu'alaihi wassalam dalam mengemban risalah Islam? Ketika berdakwah, Rasulullah kerap dilempari kotoran, dilempari batu, dihina, dicaci maki, tetap bersabar, sehingga dampak dakwahnya terasa sampai saat ini. Namun karena lemah lembutnya, banyak orang-orang yang tadinya sangat membencinya, berubah menjadi sangat mencintainya.

Seperti kisah Umar bin Khattab yang sangat marah sekali ketika dikabarkan Rasulullah Shalallahu'alaihi wassalam telah wafat, karena sangat mencintainya dan tidak siap ditinggalkan oleh Rasulullah Shalallahu'alaihi wassalam. 

Semoga kita sebagai umatnya selalu menjadikan Rasulullah sebagai teladan dan berusaha melaksanakan sunnah-Nya, sehingga di akhir nanti kita bisa mendapatkan syafaat dari Rasulullah. Allahumma Shalli Wa Sallim Wa Barik Alaih
Share:

Jangan Tunda Berbuat Baik: Maksimalkan Kesempatan untuk Berbagi dan Berbuat Baik

Pernahkah ayah bunda Sahabat berada dalam kondisi yang memungkinkan untuk berbagi tapi tidak bisa dilakukan karena sibuk? Misalnya saat di perjalanan menuju kantor Sahabat melihat anak yang lusuh dan tampak begitu kelaparan.

Sahabat sebenarnya membawa makanan yang disukai Nya, tetapi karena sibuk harus lekas-lekas ke kantor, kesempatan berbagi padanya pun terlewatkan.


Atau misalnya Sahabat sedang memiliki kelebihan makanan dan sebenarnya memiliki kesempatan untuk berbagi makanan kepada tetangga. Namun karena merasa ingin memakan makanan tersebut di lain waktu, akhirnya makanan pun dimasukkan ke dalam kulkas hingga terlupa dan jadi basi. Padahal, sebenarnya Sahabat memiliki kesempatan untuk berbagi kepada orang lain.


Ya, sebenarnya kita memiliki banyak kesempatan untuk berbagi. Sebenarnya kita memiliki banyak kesempatan untuk berbuat baik kepada sesama makhluk ciptaan Allah Swt. Hanya saja kita sering kali kurang peka atau bahkan tidak peduli. Akhirnya kesempatan berbuat baik pun berlalu begitu saja. Padahal, bisa jadi ada pahala besar yang terkandung di dalam perbuatan baik tersebut.



Mari berbuat baik


Sahabat, kita dianjurkan untuk tidak menunda berbuat baik. Jika kesempatan itu melintas di hadapan kita, maka bersegeralah untuk menyambutnya. Lakukanlah kebaikan itu dengan jiwa yang ikhlas hanya untuk mencari rida-Nya agar berakhir pada keberkahan. Pasalnya, kita tidak tahu kapan kondisi buruk akan menimpa kita.


Kita tidak tahu kapan kita akan sakit sehingga kita akan sulit untuk beraktivitas. Kita pun tidak tahu kapan ajal akan menyapa kita sehingga kita sama sekali tak bisa berbuat baik sekecil apapun. Jangan tunda berbuat baik dan janganlah menyia-nyiakan kesempatan berpahala yang Allah Swt. berikan kepada kita. Maksimalkan waktu yang kita miliki saat ini juga. Jadilah pribadi yang cerdas dalam memanfaatkan peluang kebaikan.


"Jika kamu memasuki waktu sore maka janganlah tunggu waktu pagi, dan jika kamu memasuki waktu pagi janganlah kamu tunggu waktu sore, dan gunakanlah kesehatanmu untuk masa sakitmu, dan kehidupannya untuk kematianmu." (H.R. Bukhari).


Jangnlah menunggu hal yang besar untuk berbuat baik. Hal yang kecil dan sederhana seperti memindahkan paku di jalanan pun bisa bernilai pahala yang besar apabila kita melakukannya dengan ikhlas. Sambutlah kesempatan berbuat baik di depan mata dengan hati riang gembira. Dan janganlah bersedih jika manusia tidak melihat aktivitas baik kita. janganlah mengeluh jika manusia tidak mengucap terima kasih kepada kita. Yakinilah bahwa Allah Swt. tak pernah tidur dan selalu melihat segala aktivitas kita. Percayalah bahwa hanya Allah Swt. yang akan membalas kebaikan kita dengan seadil-adilnya. Lakukanlah amalan yang berkelanjutan meskipun itu adalah kebaikan yang kecil.


 "Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta'ala adalah amalan yang berkelanjutan walaupun itu sedikit." (H.R. Muslim).


Jadi, yuk Bpak ibu sahabat jangan tunda kesempatan berbagi dan berbuat baik kepada sesama. Jika kesempatan berbuat baik itu datang menghampiri kita, maka sambutlah dengan berbahagia. Yakinilah mungkin Allah Swt. sedang ingin melihat kita berbuat baik.


Griya bina yamuti foundation mengajak ayah bunda sahabat untuk bersedekah. Sedekah untuk membantu orang lain yang sedang mengalami kesulitan.



#peduliyatimdhuafa

#pedulisesama

#sedekahsubuh

#sedekahjumat

#yukdonasi #yuksedekah

Share:

5 Manfaat Merayakan Liburan Bersama Keluarga


Ditinjau oleh 

Dr HALODOC, dr.Rizal Fadli 06 Januari 2020, Jakarta – Berlibur 

Bahwa liburan merupakan hal yang menyenangkan dan bisa dilakukan bersama dengan keluarga. Selain bisa membuat bahagia, melakukan perjalanan liburan bersama keluarga nyatanya juga memiliki beragam manfaat yang sangat sayang jika dilewatkan. Perjalanan panjang yang ditempuh nyatanya bisa membangun kedekatan antara anggota keluarga. 

Bagi keluarga yang memiliki anak-anak atau bayi mungkin liburan terdengar sulit untuk dilakukan. Namun, jangan salah, liburan keluarga malah bisa memberi manfaat baik untuk perkembangan anak. Biar lebih aman dan menyenangkan, pastikan untuk mempersiapkan perjalanan sebaik mungkin meliputi peralatan mandi, pakaian yang sesuai destinasi, hingga persediaan obat-obatan.

Liburan bersama keluarga tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat. Tidak perlu terlalu jauh, kamu dan keluarga bisa merasakan manfaat luar biasa hanya dengan melakukan perjalanan singkat tapi menyenangkan. Jalan-jalan keliling kota, berenang di laut lepas, menjelajahi hutan buatan, hingga berwisata kuliner bisa menjadi pilihan liburan. 

Setidaknya, ada berbagai hal yang bisa kamu dapat dari melakukan liburan bersama keluarga, di antaranya: 

  • Relaksasi 

Liburan bersama keluarga bisa memberi efek relaksasi. Tidak hanya untuk tubuh, tetapi juga bermanfaat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Setelah menjalani aktivitas yang panjang, liburan bersama keluarga di akhir tahun adalah pilihan terbaik untuk dilakukan. Saat tubuh dan pikiran merasa tenang, kamu dan keluarga bisa mencoba hal baru bersama, hingga belajar memahami keluarga dalam cara yang mungkin berbeda. 

  • Anti Stres 

Liburan artinya terbebas dari rutinitas yang bisa membuat stres. Cobalah untuk mengunjungi destinasi favorit atau tempat baru. Jika tidak memiliki banyak waktu, kamu bisa mengajak keluarga untuk mengunjungi kota yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Nyatanya, suasana baru yang dirasakan bisa membantu menghindari, bahkan menurunkan tingkat stres.

  • Memperkuat Imun

Saat liburan, kamu dan keluarga bisa mencoba berbagai aktivitas yang menyenangkan. Pengalaman baru ini bisa membuat tubuh memproduksi "hormon bahagia" dan bisa memperkuat imunitas alias sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih terlindungi dan tidak mudah sakit. Hal ini juga baik untuk perkembangan anak. 

  • Mencegah Insomnia

Gangguan tidur di malam hari atau insomnia bisa menyerang siapa saja. Mulai dari tuntutan pekerjaan, rutinitas, sampai hal-hal kecil sekalipun bisa membuat seseorang mengalami gangguan tidur. Kalau sudah begitu, kualitas tidur bisa menurun dan pada akhirnya berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

  • Memperkuat Hubungan 

Menghabiskan waktu bersama keluarga bermanfaat untuk memperkuat hubungan dan membuat anggota keluarga bisa lebih mengenal. Bermain bersama keluarga selama liburan akan memberi memori yang menyenangkan dan berharga. Hal manis tersebut bisa menjadi kenangan dan membuat anak-anak tumbuh bersama rasa bahagia. 

Meski menyenangkan, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh keluarga. Hindari kurang tidur, makan berlebih, dan jangan memaksakan diri. Perbanyak juga minum air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh agar aktivitas bisa jalan terus. Jika liburan di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan pelembap dan pelindung agar kulit tidak rusak. 

Share:

Kisah inspiratip Zaid bin Haritsah, Sahabat Nabi Muhammad SAW


Ayah bunda sahabat, mari kita kenali sahabat Nabi Muhammad Zaid bin Haristsah.


Zaid bin Haritsah adalah salah satu pemeluk Islam paling awal dari kalangan bekas budak Nabi Muhammad SAW. Zaid menjadi satu-satunya sahabat Nabi yang disebutkan namanya dengan jelas dalam Alquran Surat Al Ahzab ayat 37.

Zaid bin Haritsah awalnya adalah seorang budak, tetapi kemudian diadopsi oleh Nabi Muhammad. Ia termasuk dalam kelompok orang-orang pertama yang memeluk Islam setelah Siti Khadijah, Ali bin Abi Thalib, dan Abu Bakar. Ketulusan iman Zaid dan kecepatan merespons panggilan Islam menjadikannya sosok yang patut diacungi jempol.

Lahir di Najd, Arab Saudi, sekitar tahun 576, Zaid adalah putra Haritsah dan Su'da binti Tsalabah, yang berasal dari kabilah Kalb di utara Jazirah Arab. Keberadaan Zaid sebagai sahabat Nabi Muhammad tercatat dalam sejarah Islam. Menurut Adz-Dzahabi, Muhammad bin Ahmad bin Utsman bin Qaimaz dalam Siyar A'lām al-Nubalā' (2006), dia satu-satunya sahabat Nabi yang disebutkan secara eksplisit dalam Alquran, yaitu dalam Surah al-Ahzab ayat 37.

Semasa kecil, ia diculik dan ditawan oleh satu kabilah yang menyerang desa Bani Ma'n tempatnya tinggal. Lantaran pada saat itu adalah masa perbudakan, para tawanan dijual sebagai budak di pasar 'Ukadz.

Di sana Zaid kecil dibeli oleh Hakim bin Hizam, yang kemudian dihadiahkan untuk bibinya, Khadijah. Selanjutnya, Khadijah menghadiahkan Zaid kepada sang suami, Rasulullah, untuk dimerdekakan hingga diangkat sebagai anak.

Rasulullah memutuskan mendahului penyerangan dan mengamanahkan 3 orang salih termasuk Zaid bin Haritsah untuk memimpin Perang Mu'tah.

"Rasulullah membagi pasukan dan memberi komando: Kalian dipimpin oleh Zaid bin Haritsah. Jika Zaid terbunuh, sebagai penggantinya Jafar bin Abi Thalib dan jika Jafar terbunuh, Abdullah bin Rawahah yang akan menggantikan selanjutnya'" berdasarkan Khalid Muhammad Khalid dalam bukunya Biografi 60 Sahabat Rasulullah SAW tentang Zaid bin Haritsah, Pemilik Cinta yang Tiada Duanya.

Dengan menunjuk dan memosisikan Zaid sebagai pemimpin pertama menggambarkan kedekatan kedudukan Zaid di sisi Rasulullah.

Selain itu, menegaskan pula bahwa Islam adalah agama yang datang untuk menghapus diskriminasi dan mengutamakan prinsip humanis pada hubungan antarmanusia.

Dalam peristiwa ini, kaum muslimin kalah jumlah dengan tentara Romawi yang begitu besar sekitar 200 ribu prajurit. Namun pasukan yang dikomandoi Zaid tetap maju meski akhirnya ia gugur dalam perang.

Semoga bermanfaat...

#GBYPEDULI #peduli#peduliyatim #peduliDhuafa #pedulisesama #Sedekah #SedekahSubuh #sedekahyuk #Sedekahonline #infak #zakat #Sedekahjumat #infak #Donasi  #yatim #dhuafa #Donasipembangunan

Disarikan dari CNN Indonesia

Kamis, 22 April 2021




Share:

Mutiara Hadis: Hakikat Harta yang Sebenarnya

Kecintaan kepada harta termasuk bagian dari fitrah manusia. Harta, apabila tidak digunakan di jalan Allah maka ia akan menjadi fitnah. Dalam beberapa riwayat Hadis, Rasulullah ﷺ berpesan: "Sesungguhnya setiap umat memiliki ujian dan ujian bagi umatku ialah harta." (HR At-Tirmidzi, Ahmad, Ibnu Hibban dan lainnya) Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq mengemukakan bahwa hakikat harta sejatinya hanya ada tiga.  

Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Baginda Nabi ﷺ: يقول العبد مالي مالي إنما له مِن ماله ثلاثٌ ما أكل فأفنى أو لبس فأبلى أو أعطى فاقتنى وما سوى ذلك فهو ذاهب و تاركه للناس. Artinya: "Manusia selalu mendaku: 'Hartaku! Hartaku!' Padahal harta yang ia miliki itu hanyalah tiga, yaitu: (1) Yang ia makan lalu sirna, (2) Atau yang ia kenakan lalu akan usang, (3) Atau yang ia beri, maka itu yang akan menghasilkan kebaikan. Adapun selain dari itu, maka akan lenyap dan ia tinggalkan untuk orang lain." (HR Muslim) "Harta itu pertanggungjawabannya berat. Halalnya akan hisab, haramnya akan di-adzab," 

Dari titipan harta

Dari Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Nabi ﷺ bersabda yang artinya: "Siapakah di antara kalian yang harta ahli warisnya lebih ia cintai daripada hartanya sendiri? Mereka (para sahabat) menjawab: 'Tidak ada di antara kami kecuali hartanya lebih ia cintai.' Beliau ﷺ bersabda: "Sungguh hartanya adalah apa yang telah ia infakkan dan harta ahli warisnya adalah yang ia tinggalkan (tidak diinfakkan)." 
(HR Al-Bukhari) Semoga Allah menolong kita untuk bisa mengemban amanah harta dengan baik. Menjadi ladang kebaikan yang terus mengalirkan pahala yang tiada terputus hingga hari Kiamat.

dalam kisah qorun yang diabadikan dalam alquran…~Dalam Al Quran terdapat kisah yang menunjukkan bahwa sifat sombong dapat menyebabkan kehancuran. Kisah ini dijabarkan dalam Al-Quran melalui beberapa surat yang menceritakan Qarun. Seorang yang kaya raya, ia hidup pada masa Nabi Musa as.

Dalam surat Al-Qasas ayat 76 diceritakan bahwa Qarun adalah umat Nabi Musa yang dilimpahi harta kekayaan.

"Sesungguhnya Qarun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. Ingatlah ketika kaumnya berkata kepadanya: 'Janganlah kamu terlalu bangga; Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri," (QS. Al-Qasas 76).

Dikutip dari buku Tafsir Ibnu Katsir karya M. Abdul Ghoffar, Qarun disebutkan masih memiliki hubungan kekerabatan dengan Nabi Musa. Awalnya ia dikenal sebagai sosok yang pintar dalam berdagang. Ia juga mendapat julukan 'Munawir' yang artinya bercahaya. Qarun juga dikenal sebagai orang yang memiliki suara merdu kala membaca kitab Taurat.

Mari kita gunakan harta yg kita dpatkn dgn cara yang baik, halal, pergunakan kembali dijalan Allah...agar meringankan hisab dan meraih Ridho Allah Swt...

Salurkan sedekahnya ...salah satunya ke lembaga yayasan griya bina yamuti...
Rekening Yayasan
BSI : 2217081947
An yayasan griya bina yamuti

#GriyabinayamutiPeduli#peduli #penebarkebaikan #peduliyatim #peduliDhuafa #pedulisesama #Sedekah #sedekahyuk #Sedekah#infak #zakat #Sedekahjumat #zakatmal #Donasi #donasionline #yatim #dhuafa#Kebahagiaan #donasipembangunan
Share:

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...