Sedekah penghapus kesalahan

Ayah bunda sahabat dermawan


Salah satu dalil sedekah ada dalam surah Al-Baqarah ayat 271 berikut ini:


"Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan"


Sedekah merupakan pemberian sukarela. Kata sedekah berasal dari Bahasa Arab "shadaqah" yang berasal dari kata "sidiq" yang memiliki arti kebenaran. Sedekah adalah salah satu bukti keimanan dan amal ibadah yang begitu dicintai Allah Azza wa Jalla.


Sahabat, jika kita ingin bersedekah, maka jumlah sedekah yang diberikan itu dibebaskan, mengingat memang tidak ada ketentuan secara pasti terkait sedekah. Sedekah tidak seperti zakat yang sudah ada aturan dan ketentuannya. Sementara itu, sedekah memiliki banyak ragamnya. Tidak hanya dalam bentuk uang, tapi bisa juga dalam bentuk lainnya seperti: makanan, minuman, pakaian, ilmu, tenaga, air bersih, Al-Qur'an, dan lain sebagainya.


Kita bisa menunaikan sedekah sesuai dengan kemampuan dan kesanggupan kita. Bahkan, tersenyum dengan ikhlas kepada orang lain pun merupakan bentuk dari sedekah yang paling mudah. Tak hanya itu, segala kebaikan yang kita lakukan juga merupakan sedekah. Begitulah yang disampaikan Rasulullah saw. dalam hadisnya yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari.


Sahabat, sedekah pun bisa menjadi amal jariyah apabila apa yang disedekahkan kita masih dimanfaatkan oleh orang lain. Sedekah jariyah ini pahalanya akan tetap mengalir kepada kita meskipun kita sudah meninggal dunia.


Contohnya adalah ilmu. Pahala orang yang mengamalkan ilmu yang kita ajarkan akan mengalir kepada kita tanpa mengurangi pahala orang yang mengamalkannya. Sehingga sedekah jariyah ini sangat utama untuk kita lakukan. Selain ilmu, jenis sedekah jariyah lainnya bisa dalam bentuk masjid, buku, sumber air bersih, sekolah, dan lain sebagainya.


Ayah bunda sahabat griya bina yamuti menerima dan menyalurkan sedekah.


#Gbypeduli

#peduli #kebahagiaan #penebarkebaikan #peduli #peduliyatim #peduliDhuafa #pedulisesama #Sedekah #sedekahyuk #Sedekah#infak #Sedekahjumat #zakatmal #infak #Donasi #donasi#yatim #dhuafa

#donasi #patungansedekah acaramaulidNabi

#sedekahyatimdhuafha_25rb


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...