Jangan Tunda Berbuat Baik: Maksimalkan Kesempatan untuk Berbagi dan Berbuat Baik

Pernahkah ayah bunda Sahabat berada dalam kondisi yang memungkinkan untuk berbagi tapi tidak bisa dilakukan karena sibuk? Misalnya saat di perjalanan menuju kantor Sahabat melihat anak yang lusuh dan tampak begitu kelaparan.

Sahabat sebenarnya membawa makanan yang disukai Nya, tetapi karena sibuk harus lekas-lekas ke kantor, kesempatan berbagi padanya pun terlewatkan.


Atau misalnya Sahabat sedang memiliki kelebihan makanan dan sebenarnya memiliki kesempatan untuk berbagi makanan kepada tetangga. Namun karena merasa ingin memakan makanan tersebut di lain waktu, akhirnya makanan pun dimasukkan ke dalam kulkas hingga terlupa dan jadi basi. Padahal, sebenarnya Sahabat memiliki kesempatan untuk berbagi kepada orang lain.


Ya, sebenarnya kita memiliki banyak kesempatan untuk berbagi. Sebenarnya kita memiliki banyak kesempatan untuk berbuat baik kepada sesama makhluk ciptaan Allah Swt. Hanya saja kita sering kali kurang peka atau bahkan tidak peduli. Akhirnya kesempatan berbuat baik pun berlalu begitu saja. Padahal, bisa jadi ada pahala besar yang terkandung di dalam perbuatan baik tersebut.



Mari berbuat baik


Sahabat, kita dianjurkan untuk tidak menunda berbuat baik. Jika kesempatan itu melintas di hadapan kita, maka bersegeralah untuk menyambutnya. Lakukanlah kebaikan itu dengan jiwa yang ikhlas hanya untuk mencari rida-Nya agar berakhir pada keberkahan. Pasalnya, kita tidak tahu kapan kondisi buruk akan menimpa kita.


Kita tidak tahu kapan kita akan sakit sehingga kita akan sulit untuk beraktivitas. Kita pun tidak tahu kapan ajal akan menyapa kita sehingga kita sama sekali tak bisa berbuat baik sekecil apapun. Jangan tunda berbuat baik dan janganlah menyia-nyiakan kesempatan berpahala yang Allah Swt. berikan kepada kita. Maksimalkan waktu yang kita miliki saat ini juga. Jadilah pribadi yang cerdas dalam memanfaatkan peluang kebaikan.


"Jika kamu memasuki waktu sore maka janganlah tunggu waktu pagi, dan jika kamu memasuki waktu pagi janganlah kamu tunggu waktu sore, dan gunakanlah kesehatanmu untuk masa sakitmu, dan kehidupannya untuk kematianmu." (H.R. Bukhari).


Jangnlah menunggu hal yang besar untuk berbuat baik. Hal yang kecil dan sederhana seperti memindahkan paku di jalanan pun bisa bernilai pahala yang besar apabila kita melakukannya dengan ikhlas. Sambutlah kesempatan berbuat baik di depan mata dengan hati riang gembira. Dan janganlah bersedih jika manusia tidak melihat aktivitas baik kita. janganlah mengeluh jika manusia tidak mengucap terima kasih kepada kita. Yakinilah bahwa Allah Swt. tak pernah tidur dan selalu melihat segala aktivitas kita. Percayalah bahwa hanya Allah Swt. yang akan membalas kebaikan kita dengan seadil-adilnya. Lakukanlah amalan yang berkelanjutan meskipun itu adalah kebaikan yang kecil.


 "Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta'ala adalah amalan yang berkelanjutan walaupun itu sedikit." (H.R. Muslim).


Jadi, yuk Bpak ibu sahabat jangan tunda kesempatan berbagi dan berbuat baik kepada sesama. Jika kesempatan berbuat baik itu datang menghampiri kita, maka sambutlah dengan berbahagia. Yakinilah mungkin Allah Swt. sedang ingin melihat kita berbuat baik.


Griya bina yamuti foundation mengajak ayah bunda sahabat untuk bersedekah. Sedekah untuk membantu orang lain yang sedang mengalami kesulitan.



#peduliyatimdhuafa

#pedulisesama

#sedekahsubuh

#sedekahjumat

#yukdonasi #yuksedekah

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...