Bagaimana Memotivasi Anak Agar Suka Matematika?

Memotivasi anak biar suka matematika?

Bagi ayah bunda para orangtua mungkin pernah mengalami putra/putrinya kesulitan belajar matematika? Gpp... ga setiap anak dianugerahi kemampuan dalam bidang itu kok Dan Doakan mereka dg penuh ikhlas agar mereka cerdas...Tapi.. tambahkan ceritakan bahwa Islam punya banyak sekali tokoh-tokoh luar biasa yang bisa kita jadikan "idola", salah satunya dalam bidang matematika. Bahkan beliau menjadi salah satu orang yang menjadi peletak dasar komputerisasi modern saat ini, yaitu Al-Khawarizmi. Yukk.. simak cerita singkatnya...

di www.griyabinayamuti.or.id

Mengenal Al Khawarizmi Bapak Aljabar

Teori aljabar merupakan temuan dari ilmuwan muslim bernama Al Khawarizmi. Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Musa Al Khawarizmi yang hidup pada masa kejayaan Dinasti Abbassiyah.

Selain menemukan teori aljabar yang sangat berpengaruh di dunia keilmuwan, simbol angka nol (0) yang selama ini selalu digunakan ia jugalah yang mencetuskan.

Al Khawarizmi yang berasal dari Persia lahir di kota Khawarizmi (Khiva), Uzbekistan, pada tahun 780 M/ 164 H. Saat masih kecil, ia diboyong bersama keluarganya untuk pindah ke kota Baghdad hingga ia meninggal di sana sekitar tahun 850 M.

Selain menjadi seorang ahli matematika, Al Khawarizmi juga mengusai berbagai bidang ilmu lainnya seperti astronomi, musik, filsafat, logika, ilmu hitung, geografi dan kimia.

Sebagai seorang muslim, Al Khawarizmi telah dikenalkan dengan nilai-nilai Islam sejak dini oleh kedua orang tuanya. 

Ditemukannya teori aljabar olehnya membuat ia dijuluki bapak aljabar juga bapak matematika.

Aljabar merupakan gabungan teori yang memungkinkan angka rasional, irasional, dan magnitude geometris menjadi objek-objek aljabar. Dalam menjelaskan teori aljabar yang ditemukannya, Al Khawarizmi kemudian menulis kitab berjudul Hisab Aljabar wal M uqabalah.

Selain itu, Al Khawarizmi juga berjasa dalam

Ditemukannya teori aljabar olehnya membuat ia dijuluki bapak aljabar juga bapak matematika.

Aljabar merupakan gabungan teori yang memungkinkan angka rasional, irasional, dan magnitude geometris menjadi objek-objek aljabar. Dalam menjelaskan teori aljabar yang ditemukannya, Al Khawarizmi kemudian menulis kitab berjudul Hisab Aljabar wal Muqabalah.

Selain itu, Al Khawarizmi juga berjasa dalam mengembangkan tebel sinus, cosinus, dan trigonometri.

Sementara itu, angka nol (0) yang diperkenalkannya dan sangat berguna hingga saat ini dituliskannya dalam kitab berjudul Al Jam'a wa Al Tafriq bi Al Hisab Al Hindi.

Berkat kecerdasannya, banyak ilmuwan-ilmuwan barat seperti Copernicus yang terpengaruh dari teori yang dikemukakan Al Khawarizmi.

Sebagai ilmuwan yang hidup pada zaman kekuasaan Khalifah Al Ma'mun, ia diberi kesempatan untuk ambil bagian menjadi anggota Baitul Hikmah atau Darul Hikmah (Wisma Kearifan) di Baghdad, sebuah lembaga penelitian yang didirikan oleh Khalifah Harun Ar Rasyid.

Di ujung usianya, Al Khawarizmi mewariskan ilmu yang sangat bermanfaat tidak hanya bagi kalangan muslim, tetapi siapa pun yang ada di seluruh dunia. Atas kegigihannya itulah namanya tetap abadi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan.


Sumber: akurat.co


Share:

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...