Penyaluran Kurban dan Gerebek di Kp. Muaradua Kadudampit



Seiring dengan selesainya kegiatan Kurban di Yayasan Griya Bina Yamuti (GBY) pada tahun ini, yang alhamdulillah telah terselenggara kegiatan pemotongannya di Sekretariat GBY pada hari Sabtu, 1 Juli yang lalu. Tibalah Tim Gerebek GBY untuk menyalurkan kepada anak anak Binaan sekaligus memenuhi jadwal Gerebek (Gerakan Edukasi Berbagi Kasih).

Anjuran pembagian kurban seperti disebutkan dalam hadist riwayat Abu Dawud dalam Kitab ad-Dhahaya adalah 

كلواوادخرواوتصدقوا

Artinya : Makan, simpan dan sedekahkanlah

Abu Bakar Al-Jaza'iri menjelaskan Anjuran pembagian kurban dalam Kitab Minhajul Muslimin berdasarkan sabda Rasul di atas adalah dianjurkan untuk membagi hewan kurban menjadi tiga bagian, sepertiga untuk dimakan keluarganya, sepertiga lagi di shadaqahkan dan sepertiganya lagi untuk dihadiahkan kepada teman teman. Boleh juga untuk menyedekahkan seluruhnya atau tidak menghadiahkannya.

Walaupun masih ada waktu menurut hadist dalam proses pembagian kurban (maksimal 3 hari) kepada penerima, tim Gerebek GBY meluncur pada Selasa, 04 Juli kemarin. Daerah yang di tuju Tim Gerebek GBY adalah daerah Kp. Muaradua Rt. 025/005 Kel. Muaradua Kec. Kadudampit Kabupatén Sukabumi. Adalah Ananda Néng Gina yang akan di silaturahim Tim kali ini. Neng Gina terlahir pada 8 tahun silam dan masih duduk di kelas 2 SD.

Gerakan Edukasi Berbagi Kasih menjadi program unggulan GBY dalam rangka menyalurkan titipan Donasi dari para donatur yang mulia kepada anak anak yatim binaan GBY yang tersebar di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Muatan dari kegiatan Gerebek ini adalah selain penyaluran (santunan) juga diisi dengan gerakan edukasi, di dalamnya ada evaluasi hafalan ayat quran plus penjelasan dari pada arti kandungannya. Juga mengevaluasi kegiatan pendidikan sekolahnya, diberikan solusi solusi bila ada kendala dalam proses belajar di rumah. Juga muatan mengkayaan pengetahuan umum kepada anak-anak untuk meningkatkan literasi mereka. Hal ini sudah berjalan selama 5 tahun sejak awal GBY masih bergabung dengan Yayasan Mutiara Titipan Illahi.

Setelah melaksanakan evaluasi setor ayat kepada ananda Néng Gina, saluran berupa paket beras, daging kurban dan uang saku di serah terima kan kepada penerima, dan di terima langsung oleh ananda Neng Gina dengan sukacita. Semoga persembahan Tim Gerebek GBY untuk menyalurkan titipan Donatur kepada anak anak Yatim dapat bermanfaat dan allah mengganti sedekah para donatur dengan pahala yang berlipat dan kelancaran usaha serta di berikan kesehatan sehingga dapat beraktifitas secara optimal.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...