Jumat Berkah mengajarkan keberserahan diri kita kepada Allah SWT

Doa merupakan salah satu sumber kekuatan bagi umat Islam. Doa adalah harapan, permintaan dan pujian kepada Allah Swt. Dalam Islam doa adalah sebuah sikap berserah diri kepada Allah, atau memperlihatkan sikap berserah diri dan merasa membutuhkan Allah SWT, karena tidak dianjurkan ibadah melainkan untuk berserah diri dan tunduk kepada Pencipta serta merasa butuh kepada Allah SWT (Imam Hafizh Ibnu Hajar dari Imam At-Thaibi dalam kitab Fathul Bari)

Perintah untuk berdoa pun dijelaskan dalam Al-Quran surah Ghafir ayat 60 ini. Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Doa mustajab adalah (pengabulan) doa manusia berkaitan dengan bentuk pengabulan doa itu sendiri. Allah SWT bisa mengabulkan permintaan kita persis dengan harapan yang kita mohonkan. Tetapi, Allah juga berkuasa mengabulkan doa kita dalam bentuk lain yang tidak kita minta dalam lafal doa. Salah satu doa yang mustajab adalah doa yang di sampaikan oleh anak yatim dengan tulus dan ikhlas

Ajaran Islam mengajarkan kita untuk memuliakan anak yatim, tak kurang dari 22 ayat dalam al quran menceritakan tentangnya. Bagaimana kita dianjurkan untuk memelihara dan mengurus mereka, itu merupakan sebuah ibadah yang utama.

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 220:

فِى ٱلدُّنْيَا وَٱلْءَاخِرَةِ ۗ وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْيَتَٰمَىٰ ۖ قُلْ إِصْلَاحٌ لَّهُمْ خَيْرٌ ۖ وَإِن تُخَالِطُوهُمْ فَإِخْوَٰنُكُمْ ۚ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ ٱلْمُفْسِدَ مِنَ ٱلْمُصْلِحِ ۚ وَلَوْ شَآءَ ٱللَّهُ لَأَعْنَتَكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ
Artinya: Tentang dunia dan akhirat. Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah: "Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Kegiatan Jumat Berkah yang menjadi keguatan rutin di Yayasan GBY masuk pada program Bina Taqwa. Di dalamnya berisi pembinaan pembinaan untuk memantapkan ketaqwaan anak anak seperti pembinaan akhlak, tahfidz, dan keilmuan lainnya. Di akhir kegiatan diadakan santunan dan doa bersama, selain mengajarkan anak anak tentang keberserahan diri kita kepada Allah juga sekaligus membacakan titipan titipan doa yang masuk untuk dibacakan pada acara khusus bersama anak anak yatim. Jumat merupakan hari mulia dan ashar menjadi salah satu waktu yang mustajab jika kita untuk berdoa.

Hal ini sesuai hadits Rasulullah SAW:
"Pada hari Jumat terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah Ashar." (HR Abu Dawud).

Kami membuka ruang seluas luasnya bagi ayah bunda yang ingin menitipkan doa untuk dibacakan bersama pada acara Jumat Berkah di Yayasan GBY, semoga kiranya Allah SWT memberikan kelapangan dan mengijabah doa doa kita, wabil khusus segala kesulitan Allah bukakan pintu kemudahannya dan hajat hajat kita terkabulkan. 

Ingatlah segala kebaikan yang kita tularkan kepada orang lain, energi Positifnya akan kembali pada diri kita. 


Share:

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...