Jumat Berkah dan Gerebek Yatim 16 Juni


Kegiatan Jumat Berkah GBY pada tanggal 16 Juni 2023 diselenggarakan dengan suasana bahagia, namun tidak mengurangi kakhusyukan dalam penyelenggaraannya. Seperti biasa ustadzah Tati Kamila, S.Pd dan ustadzah Veti Febrianti memberikan pengajajaran dengan penuh antusias. Kepiawannya dalam mengajar tak pernah surut sehingga membuat anak anak binaan GBY larut dalam suasana yang mengasyikkan. 

Penguatan tahsin dan hafalan menjadi penekanan yang di sampaikan oleh pembina . Sesuai arahan Ketua GBY agenda besar bulan ini adalah peningkatan dan penajaman literasi anak-anak, sehingga memasuki masa liburan sekolah, diharapkan momentum tahun ajaran baru dengan naiknya jenjang pendidikan anak-anak menjadi modal untuk meningkatkan kembali semangat menambah khasanah keilmuan.

Perintah Allah pada Wahyu pertama yang turun kepada Nabi kita Muhammad SAW, yakni dengan perintah "iqra" membaca,memiliki makna bagaimana Rasul dalam mengembangkan ajaran Allah di awali dengan peningkatan literasi (daya baca) kepada seluruh umat di Mekah, sehingga pemahaman mereka tentang ketauhidan allah mendorong banyaknya sahabat sahabat Nabi yang memasuki Islam dengan sukarela. Daya baca yang dilandasi karena "isme Rab" lah yang mendasari langkah-langkah keberhasilan dakwah Rasul di waktu-waktu setelahnya. Metoda inilah yang ingin ditanamkan Ketua GBY yang menjadi pola pembinaan pada bulan ini pada anak-anak binaan GBY.

Pada bagian akhir, Ketua GBY Nandang Suwanda, S.Ip memimpin langsung doa untuk donatur, disertai tashiyah singkat tentang peranan anak-anak dalam memasuki masa liburan dan menghadapi Idul Adha. Disinggung pula tentang sejarah Nabi Ismail dan Ayahnya, Nabi Ibrahim. Dengan perintah Allah kepada Ibrahim menunjukkan kesabaran Ismail untuk mentaati perintah Allah kepada ayahnya. Bagaimana didikan seorang Nabi Ibrahim untuk mencetak generasi yang mengimani ketauhidan allah yang dikemas dengan sikap berbakti kepada orang tuanya.

Baca : Jumat Berkah mengajarkan keberserahan diri kita kepada Allah SWT

Juber GBY kali ini dihadiri oleh 30 anak anak Binaan Yayasan GBY. Setelahnya acara Juber, dilanjut ba'da Isya diadakan Gerebek Yatim Binaan ke daerah Baros Kota Sukabumi oleh Ustadzah Tati Kamila bersama tim. Ada 4 anak-anak Yatim Binaan GBY yang di singgah tim Gerebek GBY. Yakni Ananda Arju, Dzikra,Ridwan dan Raisya. 


Seperti biasa, tim Gerebek melakukan evaluasi hafalan kepada ananda Arju dan Dzikra sambil memberikan titipan dari donatur yang mulia untuk disampaikan pada kegiatan Gerebek ini. Tim Gerebek kali ini tidak bertemu langsung dengan ananda Ridwan dan Raysa karena sedang tidak berada di tempat, namun beruntung Tim bisa bersilaturahim dengan orang tua mereka berdua, sambil berbincang menanyakan perkembangan pendidikan anak-anak, titipan di serahkan langsung oleh Tim Gerebek, dan diterima dengan penuh rasa terima kasih dan doa tertuju pada para donatur karena kepeduliannya.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...