Gerebek di Desa Parakanlima Cikembar

 "... ingin ku dekap...dan menangis dipangkuanmu..
sampai aku tertidur bagai masa kecil dulu...

Sepenggal lagu "iconik" dari legenda musik tanah air Iwan Fals selalu mengusik dan menggugah memori masa lalu tentang perjuangan seorang ibu dalam membesarkan anak-anaknya yang pada pundaknya ada harapan besar orangtua untuk kehidupan yang lebih baik.

Kedua orangtua adalah manusia yang paling berjasa dan utama bagi diri seseorang. Allah ta’ala telah memerintahkan dalam berbagai tempat di dalam al Qur’an agar berbakti kepada kedua orangtua. Allah menyebutkan berbarengan dengan pentauhidan-Nya. Hak kedua orangtua merupakan hak terbesar yang harus dilaksanakan oleh setiap Muslim. Beberapa hak yang wajib dilakukan oleh anak semasa kedua orangtua hidup seperti dikutip dari H. Teguh Triono (dalam web kemhan), antara lain :

1. Mentaati selama tidak mendurhakai Allah
2. Berbakti dan merendahkan hati
3. Meminta izin sebelum mengerjakan urusan
4. Memberikan apa yang diminta orangtua apa yang mereka inginkan walaupun harta sekalipun
5. Tidak mencela atau tidak menyebabkan mereka dicela oranglain
6. Mendahulukan ibu daripada ayah

Menyadari akan hal tersebut yayasan Griya Bina Yamuti (GBY) melalui programnya Gerebek (Gerakan Edukasi Berbagi Kasih) menyambangi dan bersilaturahim ke Ibu Oon di Kp. Pangantolan RT. 4 RW. 1 Desa Parakanlima Kecamatan Cikembar Kab. Sukabumi pada Jumat 9 Juni 2023.

Ibu Oon yang sekarang berusia 70 tahun ini hidup cukup sederhana, ia tinggal bersama anak-anaknya. Untuk keperluan sehari harinya pun di topang oleh anak-anaknya, sungguh Ibu Oon sangat beruntung memiliki anak-anak yang berbakti padanya. Ini tak lepas dari hasil tempaan dan didikan Ibu oon yang ditanamkan pada anak-anaknya, beliau menekankan pendidikan tentang agama yang ketat selalu di tanamkan pada anak-anaknya, karena ia beranggapan bahwa zaman mereka (anak-anaknya) akan berbeda dengan zaman ibunya, sehingga kemantapan aqidah dan akhlak yang bersandar pada ajaran Allah menjadi modal utama untuk membentengi kehidupannya.

Sekarang diusia 70 Ibu Oon sudah tak mampu lagi untuk bekerja, beliau sangat antusias ketika menerima kedatangan Tim Gerebek GBY, sambil bertegur sapa dan berbagi pengalaman sehingga suasana menjadi cair dan menyenangkan. Tim Gerebek GBY merasa terharu dan berdoa bersama untuk kesehatan Ibu Oon, dan keluarganya agar diberikan ketabahan dalam mengurus orangtuanya sebagai bentuk pengabdian tertinggi (birrul waalidain). Juga doa untuk generasi penerus agar diberikan umur yang manfaat yang dapat diaplikasikannya menjadi amal baik. (Amiin)

Setelahnya memberikan titipan donatur kepada Ibu Oon Tim Gerebek GBY mohon pamit kepada keluarga yang disambut dengan hangat.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Bulan Desember

Kegiatan Terbaru

SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA JADI SELANGIT

  Kisah Albert Lexia dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menggerakkan hati banyak orang. Ia menghabiskan 30 tahun hidupnya sebagai penyemir ...